> >

Ahmadinejad Sebut Kepala Unit Intelijen Iran Agen Mossad Israel, Ungkap Pengkhianatan Besar

Kompas dunia | 2 Oktober 2024, 15:43 WIB
Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memberi isyarat saat mendaftarkan diri sebagai bakal calon presiden untuk pemilihan presiden yang digelar 28 Juni 2024 di Kementerian Dalam Negeri di Teheran, Iran, Minggu, 2 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)

TEHERAN, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan kepala unit intelijen Iran yang dibentuk untuk melawan operasi Mossad, badan intelijen Israel, ternyata bekerja sebagai agen ganda untuk Israel.

Pengungkapan ini mencuatkan kembali dugaan lama mengenai infiltrasi Mossad ke dalam lingkaran intelijen Iran. 

Ahmadinejad juga mengeklaim 20 agen lainnya di unit tersebut berkhianat dan memberikan informasi sensitif kepada Israel, terutama terkait program nuklir Iran.

Dia menyatakan para agen ganda ini berada di balik beberapa operasi sukses Mossad di Iran, termasuk pencurian dokumen penting program nuklir Iran pada 2018. 

Dokumen yang dibawa ke Israel oleh Mossad tersebut kemudian dipaparkan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang diyakini turut mempengaruhi keputusan Presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump, untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional dengan Iran.

“Kepala unit kontraintelijen yang membelot itu terungkap pada 2021, tetapi dia dan para agen lainnya berhasil melarikan diri dari Iran dan kini hidup di Israel,” kata Ahmadinejad dalam wawancara dengan CNN Turk pada Senin (30/9/2024), dikutip dari Times of Israel.

Pengakuan Ahmadinejad ini memperkuat dugaan bahwa Mossad telah lama menembus lembaga-lembaga kunci di Iran. 

Pada 2022, mantan menteri yang juga penasihat mantan Presiden Iran Hassan Rouhani memperingatkan bahwa para pejabat senior di Teheran harus berhati-hati karena penyusupan agen Israel sudah semakin dalam. 

Baca Juga: Iran Serang Israel atas Perintah Ayatullah Ali Khamenei, Balas Kematian Pemimpin Hamas dan Hizbullah

Ahmadinejad menegaskan, pengkhianatan para agen ini merupakan faktor penting dalam berbagai operasi Mossad di Iran, termasuk serangkaian ledakan misterius yang menimpa fasilitas nuklir Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Times of Israel


TERBARU