> >

Israel Kembali Serang Sekolah di Gaza, Korban Warga Palestina yang Terbunuh Naik Menjadi 41.500

Kompas dunia | 26 September 2024, 20:53 WIB
Sejumlah warga Palestina mengantarkan jenazah keluarga mereka yang terbunuh serangan Israel untuk dimakamkan di Deir Al-Balah, Jalur Gaza, Senin (23/9/2024). (Sumber: Abdel Kareem Hana/Associated Press)

GAZA, KOMPAS.TV - Pasukan Israel dilaporkan kembali menyerang sebuah sekolah di Jabaliya, utara Jalur Gaza pada Kamis (26/9/2024). Serangan Israel ke Sekolah Hafsa Al-Faluja ini membunuh setidaknya 15 orang dan menimbulkan banyak korban luka.

Video yang didapatkan Al Jazeera menunjukkan kondisi pasca-serangan Israel di sekolah tersebut. Relawan terlihat mengevakuasi jenazah dan korban yang kehilangan anggota badan dibawa menggunakan tandu.

Israel diketahui berulangkali menyerang sekolah, termasuk yang dikelola Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jalur Gaza. Sekolah di Gaza kerap digunakan sebagai tempat pengungsian sejak serangan Israel dimulai pada Oktober 2023 lalu.

Baca Juga: Linimasa Sejarah Konflik Hizbullah dengan Israel dan Dampaknya bagi Palestina

Pasukan Israel terus menyerang Gaza ketika mengirim serangan udara intens ke Lebanon sejak Senin (23/9) lalu. Serangan Israel ke Lebanon sendiri sejauh ini telah membunuh lebih dari 600 orang.

Di lain sisi, pada Kamis (26/9), Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza melaporkan bahwa korban serangan Israel di Gaza yang terverifikasi bertambah menjadi 41.534 orang. Sekitar 16.500 dari jumlah itu merupakan anak-anak.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza pun melaporkan setidaknya 96.092 orang terluka akibat serangan Israel. Jumlah korban Israel di Palestina kemungkinan bertambah seiring berlanjutnya serangan dan perkiraan jumlah korban yang tertimbun reruntuhan.

Baca Juga: Menlu Retno Kritik Dewan Keamanan PBB Gagal Laksanakan Mandat Ciptakan Perdamaian

 

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU