> >

Konflik Timur Tengah Memanas, Iran Luncurkan Rudal dan Drone Terbaru

Kompas dunia | 21 September 2024, 23:05 WIB
Iran memperkenalkan rudal balistik baru dan drone serangan satu arah versi terbaru dalam sebuah parade militer pada 21 September 2024, menurut media negara Iran. (Sumber: IRNA)

TEHERAN, KOMPAS TV - Iran memperkenalkan rudal balistik baru dan drone serangan satu arah versi terbaru dalam sebuah parade militer pada 21 September 2024, menurut media negara Iran. 

Peragaan ini terjadi di tengah ketegangan yang meningkat di wilayah tersebut dan tuduhan dari pemerintah Barat bahwa Iran telah mengirimkan senjata kepada Rusia.

Iran dituduh oleh pemerintah Barat telah menyediakan drone dan rudal untuk digunakan Rusia dalam perang melawan Ukraina, tuduhan yang telah berulang kali dibantah oleh Iran.

Rudal Jihad yang baru diluncurkan, dirancang dan diproduksi oleh cabang aeronautika Pasukan Pengawal Revolusi Iran, memiliki jarak operasional sejauh 1.000 kilometer. 

Sementara itu, drone Shahed-136B adalah versi yang ditingkatkan dari Shahed-136 dan dilengkapi dengan fitur baru serta memiliki jarak operasional lebih dari 4.000 kilometer.

Presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian menghadiri parade tahunan ini, yang memperingati perang antara Iran dan Irak dari 1980 hingga 1988. 

Baca Juga: Respons Menyeramkan Iran ke Israel atas Ledakan Alat Komunikasi di Lebanon Tewaskan Puluhan Orang

Iran memperkenalkan rudal balistik baru dan drone serangan satu arah versi terbaru dalam sebuah parade militer pada 21 September 2024, menurut media negara Iran (Sumber: IRNA)

Ia mengatakan, “Hari ini, kemampuan pertahanan dan pencegahan kita telah tumbuh begitu besar sehingga tidak ada iblis yang berani memikirkan agresi terhadap Iran tercinta kita.” 

Ia juga menekankan, “Dengan persatuan dan kohesi di antara negara-negara Islam, kita dapat menempatkan kembali penjajah pembunuh yang haus darah, Israel, yang tidak menunjukkan belas kasihan kepada siapa pun, wanita atau anak-anak, tua atau muda.”

Ketegangan di Timur Tengah semakin meningkat sejak kelompok militan yang didukung Iran, Hamas, menyerang Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang di Gaza dan melibatkan sekutu-sekutu Iran di seluruh wilayah. 

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : IRNA


TERBARU