> >

Shinjiro Koizumi Berpeluang Jadi PM Termuda, Pimpin Perebutan Kursi Ketua Partai LDP Jepang

Kompas dunia | 22 September 2024, 02:05 WIB
Mantan Menteri Lingkungan Hidup Shinjiro Koizumi menjadi pilihan teratas dalam dukungan dari rekan-rekan anggotanya dalam pemilihan kepemimpinan partai yang berkuasa, LDP. (Sumber: Kyodo News via AP)

TOKYO, KOMPAS.TV – Mantan Menteri Lingkungan Hidup Shinjiro Koizumi menjadi pilihan teratas dalam dukungan dari rekan-rekan anggotanya dalam pemilihan kepemimpinan partai yang berkuasa, LDP (Partai Demokrat Liberal). 

Menurut jajak pendapat surat kabar Sankei dan Mainichi, Koizumi mengantongi lebih dari 50 suara dari total 368 suara anggota LDP, membuka peluangnya untuk menjadi perdana menteri termuda Jepang, seperti laporan Straits Times, Sabtu (21/9/2024).

Pemilihan kepemimpinan dijadwalkan berlangsung pada 27 September, dan pemenangnya hampir pasti akan diangkat sebagai perdana menteri segera setelah itu, berkat dominasi LDP di Parlemen. 

Ini adalah salah satu perlombaan paling terbuka dalam sejarah LDP. Jajak pendapat menunjukkan banyak anggota yang masih ragu atau mungkin akan mengubah pilihan mereka, menciptakan situasi dinamis menjelang pemungutan suara, di mana anggota biasa juga akan memberikan suara.

Takayuki Kobayashi, mantan Menteri Keamanan Ekonomi, dan Yoshimasa Hayashi, juru bicara utama pemerintah, mengikuti Koizumi dengan lebih dari 40 suara masing-masing. Survei juga menunjukkan ketiga kandidat ini sebagai frontrunner dalam pemilihan.

Ada sembilan kandidat yang bersaing dalam pemilihan kepemimpinan LDP, dan pemungutan suara dilakukan di antara anggota partai biasa dan anggota LDP. 

Jika tidak ada kandidat yang memenangkan mayoritas total suara, akan ada pemilihan ulang antara dua kandidat teratas, di mana hampir semua suara dialokasikan untuk anggota legislatif.

Siapa pun yang memenangkan perlombaan ini akan menjabat sebagai kepala LDP selama tiga tahun, dan pemenang kemungkinan akan segera menyerukan pemilihan umum untuk mendapatkan mandat bagi pemerintahan baru.

Baca Juga: Populasi Lansia Jepang Capai Rekor Tertinggi, Tantangan Sosial Kian Kompleks

Kandidat Partai Demokrat Liberal untuk pemilihan presiden 27 September. Baris atas (kiri ke kanan): Shinjiro Koizumi, Shigeru Ishiba, Sanae Takaichi. Baris tengah: Yoko Kamikawa, Taro Kono, Toshimitsu Motegi. Baris bawah: Yoshimasa Hayashi, Takayuki Kobayashi, Katsunobu Kato. (Sumber: Kyodo News via AP Photo)

Perdana Menteri yang akan segera keluar, Fumio Kishida, mengambil langkah serupa pada 2021 setelah memutuskan tidak mencalonkan diri lagi.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Straits Times / Mainichi


TERBARU