> >

Rudal Israel Hantam Tenda Pengungsi di Al-Mawasi Gaza, Sedikitnya 40 Orang Tewas

Kompas dunia | 10 September 2024, 08:20 WIB
Foto arsip. Warga Palestina mengevakuasi jenazah dari lokasi yang diserang Israel di Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 13 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)

GAZA, KOMPAS.TV - Israel menyerang kamp tenda Al-Mawasi yang dihuni pengungsi di dekat Khan Younis, Jalur Gaza, Selasa (10/9/2024) WIB. Sedikitnya 40 orang dilaporkan tewas dan 60 orang terluka.

Al Jazeera melaporkan rudal-rudal berat Israel yang menghantam kamp Al-Mawasi menciptakan lubang sedalam hingga 9 meter di tanah.

Pertahanan Sipil Gaza mengatakan serangan Israel menghantam sedikitnya 20 tenda yang dihuni para pengungsi yang sedang terlelap.

Wilayah Al-Mawasi yang terletak di pesisir Gaza, telah dipadati tenda sejak warga Palestina mengungsi ke lokasi tersebut usai militer Israel menetapkannya sebagai "zona aman" saat menyerbu Rafah dan Khan Younis.

Baca Juga: Erdogan Serukan Negara Islam Bentuk Aliansi Lawan Israel, Sebut Zionis Tak Akan Berhenti di Gaza

Pada 13 Juli lalu, serangan udara Israel juga menghantam Al-Mawasi, menewaskan sedikitnya 90 orang dan melukai 300 lainnya.

Dilaporkan Al Jazeera yang mengutip saksi mata, serangan itu melibatkan jet tempur dan drone.

Pejabat-pejabat Israel mengatakan serangan tersebut menargetkan dua anggota senior sayap militer Hamas.

Hamas menyebut klaim tersebut "salah" dan mengatakan tudingan tersebut bertujuan menutupi "pembantaian mengerikan" di lokasi yang dipadati pengungsi Palestina tersebut.

Serangan Israel ke Gaza yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023, telah menewaskan sedikitnya 40.988 orang dan melukai 94.825 lainnya.

Penulis : Edy A. Putra Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Al Jazeera


TERBARU