> >

Atlet Korea Utara yang Selfie dengan Atlet Korsel di Olimpiade 2024 Terancam Dihukum Kim Jong-Un

Kompas dunia | 25 Agustus 2024, 14:45 WIB
Atlet Korea Utara Ri Jong-sik dan Kim Kum-yong, selfie bersama atlet Korea Selatan Lim Jong-hoon dan Shin Yu-bin, serta atlet China Wang Chuqin dan Sun Yingsha di podium cabang olahraga tenis meja Olimpiade 2024 di Paris, Selasa (30/7/2024). (Sumber: Petros Giannakouris/AP)

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Ancaman hukuman mendera atlet Korea Utara yang selfie dengan atlet Korea Selatan di Olimpiade 2024,  terancam dihukum rezim Kim Jong-un.

Atlet Korea Utara Kim Kum-yong dan Ri Jong-sik sukses meraih medali perak di ajang ganda campuran tenis meja Olimpiade 2024.

Untuk merayakannya, keduanya diajak berselfie bersama atlet China, dan atlet Korea Selatan Lim Jong-hoon dan Shin Yu-bin yang meraih medali perunggu.

Baca Juga: CEO Telegram Pavel Durov Ditangkap Saat Baru Mendarat di Bandara Prancis, Hal Ini Diyakini Alasannya

Pada selfie tersebut, Kim dan Ri terlihat tersenyum, dan hal itu membuat mereka terancam dihukum.

Dikutip dari The Telegraph, Jumat (23/8/2024), Kim dan Ri saat ini tengah menjalani evaluasi ideologi, bersama atlet Korea Utara lainnya yang baru kembali dari Olimpiade 2024.

Penilaian ini merupakan prosedur standar untuk membersihkan tim dari “paparan kontaminasi” di luar negeri.

Berdasarkan sumber pejabat di Pyongyang yang meminta anonimitas kepada Daily NK, duo atlet peraih medali itu dikritik karena tersenyum di samping negara lawan.

Para atlet Korea Utara dilaporkan diberikan instruksi khusus untuk tak berinteraksi dengan atlet Korea Selatan atau negara asing lainnya di Paris, di bawah ancaman.

Sejak kembali dari Prancis, tim Olimpiade Korea Utara dipercaya harus melakoni proses penilaian ideologi tiga tahap oleh Kementerian Olahraga negara itu.

Penulis : Haryo Jati Editor : Iman-Firdaus

Sumber : The Telegraph


TERBARU