> >

Bangladesh Cabut Semua Paspor Diplomatik, Termasuk Milik Mantan PM yang Kabur ke India

Kompas dunia | 22 Agustus 2024, 22:15 WIB
Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina memberikan keterangan dalam konferensi pers usai pemilu di Dhaka, Senin (8/1/2024). (Sumber: Kantor Perdana Menteri Bangladesh via AP)

 

DHAKA, KOMPAS.TV - Pemerintah transisi Bangladesh dilaporkan mencabut semua paspor diplomatik yang dimiliki pejabat-pejabat pemerintahan lama, termasuk mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina yang kini berada di India.

Pencabutan paspor diplomatik tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Dalam Negeri Bangladesh, Rabu (21/8/2024).

Paspor diplomatik atau kerap disebut paspor merah, dialokasikan untuk pejabat pemerintah, menteri, dan anggota parlemen.

Baca Juga: Peraih Nobel Jadi Pemimpin Pemerintahan Sementara Bangladesh, Dijuluki Bankir bagi Kaum Miskin

Parlemen dan pemerintah Bangladesh telah dibubarkan usai Hasina mengundurkan diri pada 5 Agustus 2024 lalu usai protes besar-besaran di Bangladesh.

Negara ini kemudian membentuk pemerintahan transisi yang dipimpin oleh peraih Nobel Perdamaian, Muhammad Yunus.

"Kami telah memberi arahan kepada Departemen Imigrasi dan Paspor, perintah resmi akan segera diterbitkan," kata Sekretaris Divisi Layanan Keamanan Kementerian Dalam Negeri Bangladesh Mashiur Rahman, dikutip Anadolu.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Bangladesh, pencabutan paspor diplomatik hanya diberlakukan bagi pejabat yang berakhir masa jabatannya usai pemerintahan diubarkan.

Pemerintah transisi tidak mengungkap berapa jumlah pemegang paspor diplomatik di Bangladesh.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Anadolu


TERBARU