> >

Maria Branyas, Orang Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 117 Tahun

Kompas dunia | 21 Agustus 2024, 10:31 WIB
Maria Branyas, seorang wanita Spanyol kelahiran Amerika Serikat yang dikenal sebagai orang tertua di dunia, meninggal dunia pada usia 117 tahun. (Sumber: X @MariaBranyas112)

BARCELONA, KOMPAS.TV – Maria Branyas, seorang wanita Spanyol kelahiran Amerika Serikat (AS) yang dikenal sebagai orang tertua di dunia, meninggal dunia pada usia 117 tahun. 

Kabar duka ini disampaikan oleh keluarganya pada Selasa (20/8/2024) melalui akun X milik Branyas.

Dalam unggahan yang ditulis dalam bahasa Catalan tersebut, keluarga Branyas menyampaikan bahwa ia meninggal dengan tenang dalam tidurnya. 

“Maria Branyas telah meninggalkan kami. Dia pergi dengan cara yang dia inginkan: dalam tidur, dengan damai, dan tanpa rasa sakit,” demikian bunyi pernyataan keluarganya.

Maria Branyas tercatat sebagai orang tertua di dunia oleh Gerontology Research Group, sebuah organisasi yang memverifikasi usia individu yang berusia 110 tahun atau lebih. 

Gelar ini diberikan kepada Branyas setelah kematian biarawati Prancis, Lucile Randon, tahun lalu.

Setelah kepergian Branyas, orang tertua di dunia yang baru tercatat adalah Tomiko Itooka dari Jepang, yang kini berusia 116 tahun.

Dikutip dari Associated Press, Maria Branyas lahir di San Francisco, Amerika Serikat, pada 4 Maret 1907. 

Baca Juga: Heboh Media Asing, Seni Lukisan Gua di Indonesia Jadi yang Tertua Berusia 51.200 Tahun

Masa kecilnya dihabiskan di Amerika, termasuk beberapa tahun di New Orleans, tempat ayahnya mendirikan sebuah majalah. Namun, pada usia yang masih muda, keluarganya memutuskan untuk kembali ke Spanyol. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Gading-Persada

Sumber : Associated Press


TERBARU