> >

Paetongtarn Shinawatra Terpilih Jadi Perdana Menteri Thailand, Lanjutkan Dinasti Politik Keluarga

Kompas dunia | 16 Agustus 2024, 17:15 WIB
Pemimpin partai Pheu Thai, Paetongtarn Shinawatra tiba di kantor pusat partai di Bangkok, Thailand, Jumat, 16 Agustus 2024. Paetongtarn adalah putri bungsu mantan PM Thaksin Shinawatra, terpilih sebagai perdana menteri hari Jumat, 16 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo)

BANGKOK, KOMPAS.TV - Thailand kembali berada di bawah kepemimpinan keluarga dinasti Shinawatra setelah Paetongtarn Shinawatra, putri bungsu dari mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, terpilih sebagai perdana menteri, Jumat (16/8/2024). 

Pada usia 37 tahun, Paetongtarn menjadi perdana menteri termuda dalam sejarah Thailand, serta perempuan kedua yang memegang jabatan tersebut, setelah bibinya, Yingluck Shinawatra.

Dengan dukungan 319 suara di parlemen, Paetongtarn berhasil mengukuhkan dirinya sebagai penerus dinasti politik keluarganya. 

Dia menduduki posisi yang pernah dipegang oleh ayahnya Thaksin, yang digulingkan kudeta militer pada 2006, dan bibinya Yingluck, yang kini hidup di pengasingan. 

Kepemimpinan Paetongtarn mencerminkan kekuatan politik keluarga Shinawatra yang terus bertahan meskipun menghadapi berbagai tantangan.

Dalam pidato perdananya setelah pemilihan, Paetongtarn mengungkapkan rasa syukur dan semangatnya untuk membawa Thailand ke arah yang lebih baik. 

"Saya merasa sangat terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan ini. Saya bertekad untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Thailand," ujarnya dengan penuh percaya diri.

Meskipun Thaksin tidak lagi aktif di depan layar, pengaruhnya masih sangat terasa dalam strategi politik partai yang telah mendominasi Thailand sejak awal 2000-an.

Baca Juga: PM Thailand Dicopot dari Jabatan oleh Mahkamah Konstitusi karena Pelanggaran Etika

PM Thailand, Srettha Thavisin, resmi dicopot dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi hari Rabu, 14 Agustus 2024, karena dianggap terbukti pelanggaran etika, yaitu mengangkat menteri yang pernah dipenjara karena menyuap pejabat pengadilan. (Sumber: AP Photo)

Langkah Paetongtarn di dunia politik mulai terlihat ketika ia diangkat menjadi pemimpin komite penasihat di Pheu Thai pada 2021. 

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Associated Press


TERBARU