> >

PBB Sebut Israel Lancarkan 21 Serangan ke Sekolah-Sekolah di Gaza, Tewaskan 274 Orang

Kompas dunia | 13 Agustus 2024, 16:16 WIB
Foto yang diambil dari video ini memperlihatkan warga Palestina mengecek rerutuhan di sebuah sekolah di Kota Gaza, Jalur Gaza, yang dihantam serangan Israel pada Sabtu (10/8/2024) yang menewaskan lebih dari 100 orang. (Sumber: AP Photo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat Israel telah melancarkan 21 serangan terhadap sekolah-sekolah yang menjadi tempat pengungsian di Gaza, sejak 4 Juli 2024.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) mengatakan serangan-serangan tersebut mengakibatkan sedikitnya 274 orang tewas termasuk wanita dan anak-anak.

Dikutip dari laporan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) yang dirilis Senin (12/8/2024), sekolah-sekolah yang menjadi target serangan Israel termasuk sedikitnya tujuh sekolah yang menjadi tempat pengungsian.

Baca Juga: PBB: Israel Blokir Sepertiga Misi Bantuan ke Gaza Bulan Ini

Sekolah Dalal Al Mughrabi diserang pada 1 Agustus 2024, Sekolah Hamama pada 3 Agustus, Sekolah An Nasser dan Hasan Salama pada 4 Agustus, Sekolah Al Zahra dan Abelfattah Hamouda pada 8 Agustus, dan Sekolah Al Tabi'in pada 10 Agustus.

OHCHR mengecam meningkatnya serangan-serangan militer Israel terhadap "sekolah-sekolah di mana ratusan ribu pengungsi Palestina berlindung, dilakukan dengan jelas-jelas mengabaikan tingginya tingkat fatalitas warga sipil."

OHCHR menduga Israel tidak mematuhi Hukum Humaniter Internasional termasuk prinsip pembedaan, proporsionalitas, dan pencegahan dalam melakukan serangan.

"Meskipun ada pernyataan-pernyataan IDF (militer Israel) yang menyatakan seluruh cara dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban sipil, serangan-serangan berulang terhadap tempat-tempat penampungan pengungsi di area-area ke mana penduduk dipaksa untuk pindah, serta dampak konsisten dan dapat diprediksi terhadap warga sipil, mengisyaratkan kegagalan dalam mematuhi kewajiban menurut Hukum Humaniter Internasional," kata OHCHR.

Baca Juga: 205 Staf PBB dan 40.000 Warga Tewas oleh Israel sejak Oktober 2023, PBB Yakin Keadilan Akan Datang

Dengan mengutip data UNICEF, OCHA mengatakan lebih dari setengah dari sekolah-sekolah yang menjadi tempat penampungan pengungsi di Gaza, diserang secara langsung dalam 10 bulan terakhir.

Penulis : Edy A. Putra Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU