> >

Timur Tengah Memanas, Kemlu Imbau WNI Segera Keluar dari Lebanon

Kompas dunia | 5 Agustus 2024, 13:06 WIB
WNI untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Lebanon, Iran dan Israel. (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) mengimbau Warga Negara Indonesia (WNI) untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Lebanon, Iran, dan Israel, sampai kondisi keamanan membaik. Imbauan ini dikeluarkan mencermati perkembangan kawasan Timur Tengah belakangan ini demi keselamatan dan keamanan WNI. 

WNI yang berada di kawasan itu juga diimbau untuk waspada. 

"Kami juga mengimbau kepada para WNI yang berada di wilayah tersebut untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti langkah-langkah kontingensi yang diarahkan oleh Perwakilan RI," demikian pernyataan Kemlu pada Minggu (4/8/2024). 

WNI yang berada di Lebanon juga diimbau untuk segera angkat kaki dari negara yang berbatasan dengan Suriah dan Israel itu. 

"Khusus bagi WNI di wilayah Lebanon diimbau untuk  dapat segera meninggalkan wilayah Lebanon," bunyi pernyataan Kemlu, mengutip pernyataan Kemlu.go.id pada Senin (5/8).

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Serbu Al-Aqsa dan Lakukan Ibadah Yahudi di Tengah Eskalasi Kekerasan

Bagi WNI yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi Hotline:

1. KBRI Beirut: +961 7 0817 310
2. KBRI Teheran: +989 0 2466 8889
3. KBRI Amman: +962 7 7915 0407
4. Direktorat Pelindungan WNI: +62 812 9007 0027

Seperti diketahui, berbagai negara di dunia, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis, telah meminta warga negara mereka untuk segera meninggalkan Lebanon.

Imbauan ini dikeluarkan lantaran meningkatnya ketegangan di Timur Tengah menyusul pembunuhan kepala politik Hamas dan kepala militer Hizbullah dalam waktu berdekatan.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU