> >

Situasi Semakin Parah, 91 Orang Tewas Termasuk Belasan Polisi dalam Unjuk Rasa di Bangladesh

Kompas dunia | 5 Agustus 2024, 08:22 WIB
Militer Bangladesh di tengah unjuk rasa berdarah di mana setidaknya 91 orang dilaporkan tewas, termasuk 14 polisi, dalam rangkaian aksi protes yang berlangsung di Dhaka dan kota-kota lain di seluruh negeri, Minggu (4/8/2024). (Sumber: Anadolu )

DHAKA, KOMPAS.TV - Ketegangan di Bangladesh terus meningkat, dengan jumlah korban jiwa yang terus bertambah akibat bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa.

Setidaknya 91 orang dilaporkan tewas, termasuk 14 polisi, dalam rangkaian aksi protes yang berlangsung di Dhaka dan kota-kota lain di seluruh negeri, demikian dilaporkan oleh media Bangladesh pada Minggu.

Aksi protes yang awalnya dimulai sebagai reaksi terhadap sistem kuota pemerintah Bangladesh untuk pekerjaan publik semakin memanas setelah terjadi bentrokan di Universitas Dhaka.

Para demonstran menuntut dihapusnya sistem kuota yang mengalokasikan 30 persen posisi pemerintah untuk keluarga veteran perang 1971.

Mereka menganggap sistem ini tidak adil dan penuh dengan diskriminasi serta memberikan keuntungan bagi pendukung Perdana Menteri Sheikh Hasina, yang partainya memimpin gerakan kemerdekaan negara tersebut.

Dari 14 polisi yang tewas, 13 di antaranya dibunuh dalam sebuah serangan di kantor polisi di kota Sirajganj, yang berjarak sekitar 110 kilometer dari Dhaka.

Para penyerang yang tidak dikenal mendadak menyerbu kantor polisi tersebut, menyebabkan korban jiwa dari pihak kepolisian.

Baca Juga: Fakta-Fakta Kerusuhan Bangladesh yang Tewaskan 100 Orang, Berawal dari Protes Kuota CPNS

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina di Dhaka, Senin (8/1/2024). Setidaknya 91 orang dilaporkan tewas, termasuk 14 polisi, dalam rangkaian aksi protes yang berlangsung di Dhaka dan kota-kota lain di seluruh negeri. (Sumber: Kantor Perdana Menteri Bangladesh via AP)

Pemerintah Bangladesh segera mengambil langkah-langkah darurat dengan memberlakukan jam malam di Dhaka dan kota-kota lainnya sejak pukul 18.00 waktu setempat (19.00 WIB) hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Selain itu, Senin, Selasa, dan Rabu pekan depan juga dinyatakan sebagai hari libur nasional untuk meredakan situasi yang semakin memanas.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Anadolu / Sputnik


TERBARU