> >

Prabowo Dijadwalkan Hadiri Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Kompas dunia | 26 Juli 2024, 20:38 WIB
Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto mendapat sambutan hangat dari Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam kunjungannya ke Istana Elysee, Paris, pada Rabu (24/7/2024). (Sumber: Istimewa)

PARIS, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) RI yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri pembukaan Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, Jumat (26/7/2024).

Kedatangan Prabowo bertujuan memberikan dukungan secara langsung kepada Kontingen Indonesia yang terdiri atas 29 atlet dari 12 cabang olahraga.

Dilansir Antara, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumanth menyebut, Prabowo bakal menyaksikan parade defile Kontingen RI yang berlangsung di Sungai Seine, Kota Paris, sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Dia menambahkan, Menhan Prabowo menyaksikan upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 itu bersama Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya, Menhan Prabowo sempat mengatakan saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron, yakin bahwa Olimpiade Paris 2024 menjadi ajang yang menyatukan.

"Kami yakin Olimpiade ini akan sukses besar, menampilkan bakat luar biasa para atlet dari seluruh dunia, dan menyatukan negara-negara dalam semangat persahabatan dan kompetisi yang sesungguhnya,” kata Menhan Prabowo ke Presiden Macron di Istana Elysee, Paris, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga: Prabowo Bertemu Para Pimpinan Perusahan Besar di Prancis, Ini Yang Dibahas!

Pada pembukaan Olimpiade Paris 2024, untuk pertama kalinya, upacara pembukaan dan parade atlet tidak diadakan di dalam stadion, melainkan di sepanjang Sungai Seine di Paris.

Kontingen dari 206 negara akan berparade menggunakan perahu, mengenakan seragam yang didesain khusus untuk menampilkan keunikan budaya masing-masing negara.

Sebanyak 14 atlet dan ofisial dari Kontingen Indonesia ikut serta dalam parade ini, termasuk Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie, atlet judo Maryam March Maharani sebagai pembawa bendera Merah Putih, pembalap sepeda Bernard Bernjamin van Aert, serta dua atlet renang Azzahra Permatahani dan Joe Aditya. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU