> >

Menlu Retno Ajak ASEAN Tak Diam Saksikan Pelanggaran HAM di Gaza

Kompas dunia | 24 Juli 2024, 21:05 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi saat menghadiri Pertemuan dengan Perwakilan ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) di Vientiane, Laos, Rabu (24/7/2024). (Sumber: Kemlu.go.id)

VIENTIANE, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengajak ASEAN untuk tak tinggal diam menyaksikan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di Gaza, Palestina.

Hal tersebut disampaikan Menlu Retno dalam Pertemuan dengan Perwakilan ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) di Vientiane, Laos, Rabu (24/7/2024).

Menurut Menlu, ada dua hal penting yang perlu menjadi perhatian AICHR dan ASEAN.

"Pertama, meningkatnya kejahatan perdagangan orang di kawasan, di mana sebagian besar  korban utamanya adalah wanita," kata Retno, dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri.

"Kedua, kita tidak bisa tinggal diam menyaksikan pelanggaran HAM yang kejam di Gaza," tegasnya.

Seperti diketahui, Gaza mengalami kehancuran yang meluas akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023. Menurut Kantor Media Gaza, lebih dari 39.000 orang tewas termasuk 16.000 lebih anak-anak.

Sementara jutaan lainnya harus mengungsi serta terancam kelaparan.

Retno turut menyampaikan bahwa pemajuan dan pelindungan HAM di ASEAN adalah kunci bagi masa depan ASEAN yang gemilang. 

Baca Juga: Tanggapi Fatwa Hukum ICJ, Menlu Retno Desak PBB Akhiri Pendudukan Ilegal Israel di Palestina

“Masa depan ASEAN tidak akan semakin cerah jika masing-masing negara anggota tidak memiliki komitmen kuat untuk menghormati hak asasi manusia,” ucapnya.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU