> >

Korea Utara Kirim Balon Isi Sampah ke Korea Selatan, Menhan Korsel "Ngadu" ke AS

Kompas dunia | 2 Juni 2024, 20:44 WIB
Balon sampah kiriman dari Korut ke Korsel (Sumber: AFP)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korea Utara mengirimkan sekitar 600 balon yang membawa sampah ke Korea Selatan pada Sabtu (1/6/2024) malam.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan pada Minggu (2/6/2024) mengatakan, balon-balon tersebut di antaranya membawa sampah seperti puntung rokok, potongan kain, sampah kertas, dan plastik.

"Sekitar 600 sampah ditemukan di berbagai wilayah ibu kota Seoul dari pukul 20.00 hingga 10.00 waktu setempat," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, sebagaimana dikutip dari ABC News.

Diungkapkan Militer Korea Selatan telah memantau titik awal kedatangan balon-balon tersebut serta melakukan pengintaian udara untuk melacak dan mengumpulkan benda terbang itu.

Baca Juga: Kata Adik Kim Jong-Un Usai Kirim Balon Isi Tinja ke Korea Selatan: Hadiah Tulus untuk Setan

Balon itu memiliki kantong-kantong besar berisi sampah yang tergantung di bawahnya.

Sebelumnya, Korea Utara pada Rabu (29/5/2024) mengirimkan ratusan balon yang membawa sampah dan kotoran melintasi perbatasan yang dibentengi dengan ketat sebagai “hadiah ketulusan”.

"Ngadu" ke AS

Setelah mendapatkan kiriman balon sampah dari Korea Utara, pihak Korea Selatan mengadu ke Amerika Serikat (AS).

Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik dilaporkan telah membahas soal itu saat bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd di sela-sela KTT Keamanan Asia Shangri-La Dialogue di Singapura pada Minggu ini.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU