> >

Israel Gencarkan Serangan Udara ke Jabaliya di Utara Gaza, Bertempur Sengit dengan Hamas

Kompas dunia | 16 Mei 2024, 20:55 WIB
Asap mengepul dari lokasi serangan udara Israel di Jalur Gaza. Foto diambil dari perbatasan selatan Israel, Kamis (16/5/2024). (Sumber: Leo Correa/Associated Press)

GAZA, KOMPAS.TV - Pasukan Israel dilaporkan meningkatkan intensitas pengeboman di kamp pengungsi Jabaliya di utara Gaza pada Kamis (16/5/2024).

Serangan udara Israel dilaporkan menghancurkan rumah penduduk, ambulans, hingga taman kanak-kanak.

Selain meningkatkan serangan udara, pasukan Israel juga dilaporkan memasuki Jabaliya sepekan belakangan dan bertempur dengan kombatan Hamas.

Organisasi Palestina itu dilaporkan muncul kembali di Jabaliya dan meluncurkan serangan balik ke pasukan Israel.

Jurnalis Al Jazeera di Deir Al-Balah, Gaza, Tareq Abu Azzoum melaporkan, Jabaliya kini menjadi medan pertempuran sengit.

Milisi Palestina mengaku meluncurkan 34 serangan ke pasukan Israel di Jabaliya pada Rabu (15/5).

Baca Juga: PBB Kecam Penjarahan Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza oleh Pemukim Israel, Ada Mie Instan Indonesia

"Kamp pengungsi Jabaliya kini menjadi zona tempur utama, konfrontasi berlangsung sengit dan militer Israel meningkatkan serangan tiap jamnya," kata jurnalis Al Jazeera tersebut, Kamis (16/5).

"Beberapa jam terakhir, kami merekam peningkatan pengeboman yang jelas, tidak hanya pada gedung permukiman, tetapi juga pasar induk kamp. Tempat ini sangat dipadati penduduk."

Pada Kamis (16/5), serangan udara Israel turut mengenai sebuah rumah di kawasan Al-Faluja, Jabaliya dan membunuh empat orang serta menimbulkan sejumah korban luka. Salah satu korban jiwa diketahui merupakan ibu hamil.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Al Jazeera


TERBARU