> >

Intip Aksi Warga Indonesia Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Ujung Selatan Bumi, Digelar KBRI Wellington

Kompas dunia | 17 Agustus 2023, 18:08 WIB
Upacara peringatan HUT ke-78 RI berlangsung khidmat di Wisma Duta Wellington dengan berlatar belakang Selat Cook dan Wellington Harbour yang indah, 17 Agustus 2023. (Sumber: KBRI Wellington)

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik (RI) Indonesia diperingati secara khidmat dan meriah di ibu kota Selandia Baru, Wellington, yang merupakan perwakilan RI paling selatan di muka bumi. 

Bertempat di Wisma Duta, upacara bendera dan acara syukuran diikuti oleh ratusan warga masyarakat Indonesia di Wellington dan sekitarnya. 

“Upacara hari ini sangat istimewa karena untuk pertama kalinya sang merah putih berkibar di atas bukit Northland dengan dengan latar belakang Wellington Harbour,” ungkap Duta Besar Fientje Maritje Suebu. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menyelenggarakan upacara di KBRI Wellington, upacara tahun ini berlangsung di halaman Wisma Duta dengan latar belakang pemandangan kota Wellington dan Selat Cook yang indah. 

Baca Juga: Salat di Stadion Besar, Iduladha di Wellington Berlangsung Meriah, ada Hadiah Buku Gratis dan Bazzar

Upacara bendera diikuti sekitar 150 orang yang terdiri dari keluarga besar KBRI Wellington, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia. 

Usai upacara, Duta Besar Fientje secara simbolis menyerahkan E-KTP kepada perwakilan masyarakat. Penerbitan E-KTP merupakan program uji coba di KBRI Wellington agar WNI yang telah menetap lama di luar negeri bisa mendapatkan KTP selayaknya warga Indonesia yang bermukim di Tanah Air.

 

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan syukuran HUT RI yang ditandai dengan prosesi potong tumpeng dan permainan bagi dewasa dan anak-anak.

Penulis : Tussie Ayu Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU