> >

Satu Per Satu Kontraktor Turki Ditangkap karena Gedung Roboh Akibat Gempa

Kompas dunia | 14 Februari 2023, 08:13 WIB
Tim pencarian dan penyelamatan bekerja sepanjang waktu untuk menggali korban gempa di Antakya, Hatay, menyusul dua gempa besar yang menyebabkan ribuan bangunan runtuh bersamaan dengan kerusakan parah di Turki dan Suriah, Sabtu (11/2/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penegak hukum di Turki menangkap sejumlah orang pada Senin (13/2/2023) kemarin, terkait banyak gedung yang ambruk setelah dua gempa dahsyat mengguncang wilayah selatan Turki dan barat Suriah pekan lalu.

Mengutip dari Antara, Selasa (14/2/2023), Nazmi Tosun, pengawas konstruksi dan perwakilan teknis Apartemen Emre, yang hancur di Provinsi Gaziantep, ditangkap di Istanbul pada Senin pagi.

Polisi menangkap Hasan Alpargun di Republik Turki Siprus Utara (TRNC) setelah sejumlah gedung yang dibangun oleh perusahaan konstruksinya ambruk di Provinsi Adana akhir pekan lalu.

Kontraktor Ibrahim Mustafa Uncuoglu ditangkap di Istanbul setelah ditemukan kelalaian pada pemeriksaan teknis reruntuhan sebuah gedung apartemen di Provinsi Gaziantep.

Baca Juga: Penyanyi Maher Zain Terlihat di Jalanan Turki Bekerja Membantu Langsung Korban Gempa

Polisi Istanbul juga menangkap seorang kontraktor lain, Mehmet Ertan Akay, setelah gedungnya ambruk akibat gempa di Gaziantep.

Jaksa mengeluarkan perintah penangkapan Akay atas tuduhan pembunuhan akibat kelalaian dan pelanggaran izin mendirikan bangunan.

Mehmet Yasar Coskun yang merupakan kontraktor gedung tempat tinggal besar di wilayah terdampak gempa di Provinsi Hatay, juga ditahan pada Sabtu.

Sebelumnya, aparat keamanan menangkap Coskun di Bandara Istanbul saat dalam perjalanan menuju Montenegro saat berusaha meninggalkan Turki.

Coskun mengaku tidak tahu mengapa gedung tersebut hancur, dan bahwa penerbangannya ke Montenegro tidak ada hubungannya dengan gedung yang ambruk itu.

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag pada pekan lalu, berjanji mengambil tindakan atas kelalaian dalam membangun gedung setelah gempa mematikan itu.

Baca Juga: Inilah 10 Gempa Bumi Paling Mematikan di Abad 21, Gempa Turki dan Suriah Salah Satunya

Namun untuk masa awal setelah gempa, prioritasnya adalah menyelamatkan mereka yang terjebak di bawah reruntuhan.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU