> >

Alasan Umat Islam Singapura Rayakan Idulfitri Hari ini, Selasa 3 April 2022

Kompas dunia | 3 Mei 2022, 07:03 WIB
Ilustrasi singapura, umat Islam di sana baru idulfitri hari ini Selasa 3 Mei 2022 (Sumber: Kompas)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Negeri tetangga, Singapura, baru merayakan lebaran Idulfitri 2022 pada hari ini, Selasa 3 April 2022.

Dr Nazirudin Mohd Nasir dari Mufti Majelis Ugama Islam Singapura (MUIS) menjelaskan,  hilal tidak terlihat pada hari Senin 3 Mei 2022, maka dari itu umat Islam di Singapura akan merayakan Idulfitri 2022 pada hari ini.

“Mengikut kiraan hisab, anak bulan Syawal tidak mungkin dapat dilihat di atas ufuk Singapura dan tidak mencukupi syarat kriteria imkanur rukyah yang telah dipersetujui oleh negara-negara anggota MABIMS,” paparnya dikutup dari situs resmi MUIS.

Lantas, Singapura pun menggenapkan jadi 30 hari berpuasa. Istilahnya adalah istikmal, atau penyempurnaan hari Ramadan menjadi 30 karena hilal tidak terlihat. 

“Ini bererti esok (hari ini-red) adalah hari pencukup bulan Ramadan 30 hari dan awal bulan Syawal tahun 1443H iaitu Hari Raya Idulfitri jatuh, Selasa bersamaan 3 Mei 2022,” tambahnya.

Baca Juga: Seorang ART Indonesia di Singapura Didakwa Membunuh Majikan, Terancam Hukuman Mati

Alasan Hilal Tidak Terlihat di Singapura 

Nazirudin Mohd Nasir juga menjelaskan, kondisi berawan di Singapura menyebabkan hilal tidak terlihat. 

"Di Singapura, adalah amat sukar bagi bulan untuk kelihatan disebabkan keadaan iklim Singapura yang berawan," paparnya. 

Ia menjelaskan, para ulama juga berusaha melihat hilal pada petang 29 Ramadan dan hasilnya memang benar-benar tidak terlihat 

"Oleh karena itu, Singapura menggunakan kaedah yang dipersetujui oleh negara-negara MABIMS (Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura) di dalam menentukan sama ada anak bulan boleh kelihatan atau tidak, yaaitu kaedah imkan ar-rukya)," paparnya. 

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU