> >

Zelensky Tiga Kali Jadi Target Pembunuhan Sejak Rusia Serang Ukraina, Bisa Selamat Berkat Hal Ini

Krisis rusia ukraina | 4 Maret 2022, 11:36 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dilaporkan tiga kali jadi sasaran pembunuhan selama penyerangan Rusia ke Ukraina. (Sumber: Ukrainian Presidential Press Office via AP)

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dilaporkan tiga kali menjadi target pembunuhan sejak Rusia menyerang Ukraina pekan lalu.

Zelensky sebelumnya dilaporkan telah berhasil menghindari upaya pembunuhan itu.

Seperti dilaporkan Times of London, Zelensky berhasil selamat setelah orang-orang Rusia yang menentang perang memberi informasi intelijen tentang serangan yang direncanakan kepada pejabat pemerintah Ukraina.

Baca Juga: Diserang Tentara Rusia, Kebakaran PLTN Ukraina Kian Besar dan Bisa Jadi Lebih Parah dari Chernobyl

“Saya bisa katakan bahwa kami menerima informasi dari (Layanan Keamanan Federal Rusia), yang tak mau ambil bagian dari perang berdarah ini,” bunyi pernyataan Menteri Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina dikutip dari Fox News.

Laporan dari Times of London itu mengungkapkan bahwa Kelompok Wagner, pasukan paramiliter yang didukung Rusia, di belakang dua upaya pembunuhan tersebut.

Rusia pun diyakini bakal menyangkal keterlibatannya jika kelompok itu berhasil membunuh Zelensky.

“Mereka akan masuk ke sana dengan misi yang sangat terkenal, sesuatu yang ingin disangkal oleh Rusia. Pemenggalan kepala negara adalah misi besar,” ujar sumber diplomatik dalam laporan itu.

Uni Eropa sendiri didukung oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken telah memberikan sanksi kepada kelompok Wagner dan rekan-rekannya pada Desember lalu, atas pelanggaran hak asasi manusia serius.

Baca Juga: Zelensky Ajak Putin Bertemu Langsung: Ayolah, Saya Tak Menggigit

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Fox News


TERBARU