> >

Penampakan Gubuk Misterius di Bulan Diduga Dibangun Alien, Benarkah?

Kompas dunia | 9 Desember 2021, 22:45 WIB
Penampakan sebuah objek berbentuk kubus yang disebut sebagai gubuk misterius di Bulan. Penampakan itu direkam oleh kendaraan penjelajah China, Yutu 2, dalam misinya di sisi jauh Bulan. (Sumber: CNSA/Our Space via Gizmodo)

BEIJING, KOMPAS.TV – Penampakan gubuk misterius di Bulan yang disebut diduga dibangun oleh alien, viral di media sosial. Foto mirip gubuk berbentuk kubus itu didapat oleh kendaraan penjelajah Bulan China, Yutu 2.

Penampakan gubuk misterius itu terekam di tepi kawah Von Karman di Kutub Selatan – Cekungan Aitken di Bulan. Titik ini berada di sisi jauh Bulan yang dijelajahi Yutu 2 sejak mendarat di sana pada 3 Januari 2019 lalu.

Semula, pengendali misi Yutu 2 menginstruksikan agar kendaraan beroda 6 itu memindai permukaan Bulan di sekitar area itu. Saat itulah, sebuah kubus menonjol menarik perhatian mereka.  

“Apakah itu gubuk yang dibangun oleh para alien setelah mendarat? Atau pesawat luar angkasa pendahulu yang menjelajah bulan?” tulis sebuah unggahan di Our Space.

Baca Juga: NASA Ingin Bangun Reaktor Nuklir di Bulan

Koresponsen SpaceNews Andrew Jones yang meliput program luar angkasa China menyebut bahwa objek misterius itu bukanlah tugu ataupun alien. Tapi, imbuhnya, objek itu patut diperiksa.

“Bebatuan besar terkadang tergali oleh dampak,” cuitnya di Twitter.

Namun, menurut pensiunan profesor dan profesor penelitian tambahan di Departemen Geografi dan Institut Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa di Universitas Western Ontario, Kanada, Philip Stooke, objek misterius itu bukanlah sebuah gubuk.

“Itu cuma sebuah batu di tepi kawah di utara kendaraan penjelajah (yang dilihat dari) lokasi parkir semalam,” ujar Stooke, seperti dilansir dari Space.com, Selasa (7/12/2021).

“Yutu 2 akan bergerak lebih jauh sekarang, mendekati kawah itu,” imbuh Stooke. 

Penulis : Vyara Lestari Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Space.com


TERBARU