> >

Kecelakaan Kereta di Taiwan Terburuk dalam 30 Tahun Belakangan

Kompas dunia | 2 April 2021, 14:45 WIB
Penumpang dibantu untuk turun dari kereta yang mengalami kecelakaan di Hualien, Taiwan, Jumat, 2 April 2021. (Sumber: hsnews.com.tw via AP)

KOMPAS.TV - Sebuah kereta api berpenumpang terlibat dalam kecelakaan di pantai timur Taiwan, Jumat (2/4/2021). Ini adalah kecelakaan kereta paling mematikan di Taiwan dalam 30 tahun ke belakang.

Kereta api itu menabrak sebuah truk yang melintang di rel. Sebagian tubuh kereta itu juga tergelincir keluar rel.

Akibatnya, kecelakaan ini menewaskan 34 orang dan mengakibatkan puluhan korban luka.

Baca Juga: Kebakaran di Kamp Rohingnya di Bangladesh Menewaskan Tiga Orang

Mengutip Associated Press, insiden itu terjadi di luar sebuah terowongan di dekat Kota Hualien di kawasan pantai timur Taiwan. Kecelakaan itu terjadi di dekat area pemandangan Ngarai Toroko sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Sebagian korban kecelakaan berusaha menyelamarkan diri dengan memanjat keluar jendela serta atap. Pejabat daerah Hualien mengatakan upaya penyelamatan para korban sedang berlangsung.

Media lokal melaporkan, kereta api itu memuat 350 penumpang di dalamnya. Kecelakaan ini terjadi saat libur nasional di Taiwan

Menurut laporan media lokal, kecelakaan itu bermula saat sebuah truk jatuh dari tebing dan mendarat di rel. Kereta yang baru muncul dari terowongan tak kuasa mengerem mendadak untuk menghindari tabrakan.

Baca Juga: Gugat "Sepatu Setan" yang Berisi Darah Manusia, Nike Meraih Kemenangan

Departemen penyelamatan daerah Hualien menyebut, truk itu terlihat jatuh setelah lokomotif kereta keluar dari terowongan. Akibatnya, mobil itu mengalami kerusakan paling parah.

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU