> >

Jet Tempur Tanpa Atap, Terbang Di Langit Astrakhan

Kompas dunia | 12 Oktober 2020, 20:18 WIB
Pesawat Tempur SU 57 berkecepatan 1300 mph milik Rusia terbang cepat tanpa atap pelindung di kokpitnya (Sumber: TheSun.co.uk)

Akhtubinsk, Kompas TV -  Sebuah rekaman mengejutkan telah beredar yang menunjukkan seorang pilot Rusia menerbangkan jet tempur siluman baru Kremlin Su-57 tanpa ATAP di kokpitnya.

Penerbang yang pemberani itu terlihat di ruang kontrol pesawat perang canggih berkecepatan 1.300mph, sebagaimana dilansir dari TheSun.co.uk

Kanopi plexiglass yang menutupi bagian atas dan samping kokpit berfungsi untuk mencegah pilot dari kedinginan sampai mati.

Hal ini diyakini bukanlah sebuah modifikasi pesawat atau keadaan darurat, melainkan sebagai bagian dari uji prosedur darurat jika pesawat mengalami masalah sebelum ejeksi.

Rekaman berdurasi tiga detik ini dirilis oleh kementerian pertahanan Rusia.

Para pengamat mengatakan pilot itu seperti mengenakan setelan khusus sebagai perlindungan terhadap hawa dingin yang mengejutkan di ketinggian yang ekstrem.

Namun demikian kementerian pertahanan Rusia tidak memberikan rincian ketinggian, kecepatan atau tujuan penerbangan tersebut.

Pesawat perang generasi kelima ini dirancang untuk membawa rudal berkemampuan nuklir hipersonik Kinzhal canggih yang beroperasi dengan kecepatan sepuluh kali kecepatan suara.

Penerbangan 'topless' berlangsung di atas Chkalov Test Center di Akhtubinsk, wilayah Astrakhan, Rusia

Penulis : Agung-Pribadi

Sumber : Kompas TV


TERBARU