> >

FOTO: Evakuasi Truk Molen yang Dihantam Kereta Api Taksaka di Bantul

Berita foto | 25 September 2024, 12:12 WIB
Proses evakuasi truk molen yang terlibat kecelakaan dengan Kereta Api Taksaka di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Proses evakuasi truk molen yang terlibat kecelakaan kereta api di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024) masih berlangsung hingga Rabu siang.

Berdasarkan pantauan Kompas.TV di lokasi, puluhan petugas masih berusaha mengevakuasi truk molen yang terlibat kecelakaan dengan KA Taksaka tersebut dari pinggir rel kereta api.

Selain berusaha mengevakuasi truk, petugas juga memperbaiki kabel jaringan palang pintu perlintasan dan reruntuhan sisa pos jaga petugas palang pintu yang rusak.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro membenarkan perihal KA Taksaka tabrak truk tersebut.

Menurutnya, KA Taksaka yang terlibat kecelakaan itu dalam perjalanan dari Stasiun Gambir, Jakarta menuju Stasiun Yogyakarta.

Baca Juga: 4 Orang Tewas Tertabrak Kereta, KAI Tegaskan Larangan Beraktivitas di Jalur Rel dan Ingat Sanksi Ini

Adapun peristiwa itu terjadi di pelintasan sebidang JPL 714 antara Stasiun Sentolo-Rewulu, Yogyakarta sekitar pukul 03.52 WIB.

“Kondisi lokomotif dan 1 kereta eksekutif mengalami kerusakan. Selain itu, prasarana perkeretaapian gardu PJL juga mengalami kerusakan,” ucap Krisbiyantoro.

Sejumlah petugas membersihkan puing bangunan gardu PJL yang rusak akibat kecelakaan Kereta Api Taksaka dengan truk molen di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Bangkai truk molen yang terlibat kecelakaan dengan Kereta Api Taksaka, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Rangkaian kereta api melintas di dekat bangkai truk molen yang terlibat kecelakaan dengan KA Taksaka, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah petugas mengangkat material dari puing gardu PJL yang rusak akibat kecelakaan Kereta Api Taksaka dengan truk molen, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Dua petugas sedang berupaya melakukan evakuasi terhadap bangkai truk molen yang terlibat kecelakaan dengan Kereta Api Taksaka, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Petugas mengerahkan mobil derek untuk mencoba mengevakuasi bangkai truk molen yang terlibat kecelakaan dengan Kereta Api Taksaka di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang petugas berusaha memotong bagian truk molen untuk memudahkan evakuasi. Truk itu terlibat kecelakaan dengan Kereta Api Taksaka di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Petugas kepolisian telah memasang garis polisi di area sekitar lokasi kecelakaan truk molen dan Kereta Api Taksaka, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Petugas berusaha memotong bagian truk molen menggunakan alat las untuk memudahkan evakuasi. Truk tersebut terlibat kecelakaan dengan Kereta Api Taksaka di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Dua teknisi berusaha memperbaiki kabel jaringan pengatur palang pintu perlintasan kereta api yang rusak akibat kecelakaan antara truk molen dengan KA Taksaka, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang teknisi berusaha memperbaiki kabel jaringan pengatur palang pintu perlintasan kereta api yang rusak akibat kecelakaan antara truk molen dengan KA Taksaka, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
" width="100%"/>
Seorang petugas berjaga di sekitar warga saat kereta melintas di sekitar lokasi kecelakaan Kereta Api Taksaka dengan truk molen, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024) (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang petugas berjaga saat kereta api melintas di sekitar lokasi kecelakaan Kereta Api Taksaka dengan truk molen, di Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/9/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Kompas.com


TERBARU