> >

FOTO: Menikmati Keindahan Samudra Hindia di Pantai Menganti Kebumen

Berita foto | 18 Juli 2024, 06:30 WIB
Seorang pengunjung berdiri di spot bernama Lembah Menguneng di kawasan wisata Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Edy AP)

KEBUMEN, KOMPAS.TV - Angin sejuk langsung menyapa saat Kompas.tv tiba di kawasan wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2024) sore.

Meski sinar matahari terik pada hari itu, angin yang bertiup dari arah pantai selatan Jawa terasa sejuk.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), udara sejuk sedang menerpa Pulau Jawa saat ini.

Hal itu, kata BMKG, ada hubungannya dengan Angin Monsun Australia yang bertiup ke arah Benua Asia dan melewati Samudra Hindia.

Pantai Menganti memang menghadap Samudra Hindia yang menghampar hingga cakrawala.

Airnya yang biru dan kehijauan ditimpa sinar matahari membuat siapa pun akan sulit untuk melepaskan pandangan.

Deburan ombak yang menghantam karang dengan latar perbukitan hijau, menambah pesona Pantai Menganti.

Di kawasan wisata ini, para pengunjung dapat mendatangi beberapa lokasi menarik, antara lain Jembatan Merah, Mercusuar, Tanjung Karangbata, Watu Mbolong, dan Lembah Menguneng. Semua objek wisata itu bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Istimewanya lagi, Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di daerah pesisir yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini.

Kawasan wisata Pantai Menganti terletak sekitar 40-an kilometer dari Kebumen Kota. Jika Anda naik sepeda motor dari kota, Pantai Menganti dapat dicapai dalam waktu sekitar 1-1,5 jam.

Penulis : Edy A. Putra Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU