> >

Dapat Mengendalikan Mimpi, Ini Dia 5 Fakta Unik Soal Lucid Dream Yang Wajib Kamu Ketahui!

Lifestyle | 21 April 2020, 19:59 WIB
Ilustrasi Kondisi Saat Tidur (Sumber: regional.kompas.com)

KOMPAS.TV - Jika kamu pernah bermimpi dan kamu merasa bisa mengendalikan penuh alur mimpi kamu dalam kondisi sadar, itu artinya kamu sedang mengalami Lucid Dream!

Sebenarnya apa itu Lucid Dream?

Menurut sejumlah penelitian psikologi yang dikutip dalam hellosehat.com, mimpi terjadi saat kamu memasuki tahap tidur REM atau rapid eye movement.

Manusia memang memiliki 4 tahapan tidur, yang pertama yaitu tidur ayam, tahap kedua mulai tertidur, ketiga tidur nyenyak, kemudian tahap terakhir yaitu tidur REM.

Dalam tahap tidur REM, detak jantung, pernapasan, dan gerakan bola mata yang tadinya melambat menjadi lebih cepat. Namun, ini semua terjadi ketika kamu masih terlelap. Inilah tahapan tidur yang memungkinkan terjadinya mimpi. Lucid Dream pun terjadi pada tahapan tidur ini.

Fenomena ini ditandai dengan kesadaran kamu bahwa saat itu kamu memang sedang bermimpi, bukannya berada di dunia nyata. Kemudian, tak seperti mimpi pada umumnya, kamu punya kendali terhadap apa yang terjadi dalam mimpi tersebut. Dengan kata lain, kamu sadar kalo kamu sedang bermimpi!

Misalnya di dalam mimpi sadar, kamu melihat ada sebuah rumah di seberang jalan. Kamu bahkan tidak tahu apa atau siapa yang ada di dalam jalan tersebut, maka secara sadar kamu lalu menggerakkan diri untuk menyeberangi jalan dan mendekati rumah tersebut persis seperti di dunia nyata.

Akan tetapi, kejadian dalam mimpi sadar kamu ini belum tentu masuk akal. Seperti mimpi lainnya, kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata atau bertemu dengan orang-orang tak terduga. Misalnya kamu bermimpi berada satu pesawat dengan artis idola kamu. Lalu secara sadar, kamu memberanikan diri untuk mengajak artis tersebut dan terjun ke luar pesawat bersama-sama. Hal ini tentu tidak akan pernah kamu lakukan di dunia nyata, namun kamu memilih untuk melakukannya di dalam mimpi kamu.

Nah, berikut 5 fakta seputar Lucid Dream yang harus kamu ketahui :

1.  Fenomena lucid dream ini adalah hal yang wajar. So, kamu ngga perlu takut ini adalah hal aneh atau berhubungan dengan kelainan. Big No!

Penulis : Anjani-Nur-Permatasari

Sumber : Kompas TV


TERBARU