> >

Apakah ASI Mengurangi Risiko Kanker Payudara? Ini Kata Dokter

Selebriti | 17 Oktober 2024, 07:15 WIB
Ilustrasi ibu menyusui. (Sumber: Shutterstocks via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menurut penelitian, penyakit kanker payudara lebih banyak terjadi pada wanita yang tidak menyusui anaknya secara langsung, tidak menikah, dan tidak memiliki anak.

Apakah Air Susu Ibu atau ASI mengurangi risiko kanker payudara?

Dokter spesialis bedah konsultan onkologi dari Universitas Indonesia Dr. dr. Diani Kartini Sp.B Subsp Onk (K) mengatakan pemberian ASI eksklusif selama 2 tahun dapat mengurangi risiko terjadinya kanker payudara.

“Orang yang tidak menyusui, tidak ada anak, itu merupakan faktor risiko untuk terjadi kanker payudara, minimal memang pemberian ASI 2 tahun itu yang ASI eksklusif,” kata Diani, seperti ditulis Antara, Selasa (16/10/2024).

Baca Juga: Waspada Penyakit Radang Sendi, jika Tak Diobati Berisiko Sebabkan Komplikasi Jantung

Dokter yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo ini mengatakan ibu yang tidak bisa menyusui anaknya secara langsung atau yang tidak menikah dan tidak memiliki anak, memiliki risiko yang lebih besar terhadap kanker payudara dibandingkan yang menyusui.

Hal itu merupakan faktor risiko yang tidak bisa dicegah selain faktor genetik, usia, dan jenis kelamin. Namun, Diani mengatakan hal tersebut bisa diminimalkan dengan melakukan pola hidup sehat yang bisa mengendalikan faktor risiko.

“Misalnya seperti pola makan, kemudian lifestyle itu yang bisa kita kendalikan. Tapi kalau tidak punya anak, kemudian usia, jenis kelamin, faktor keturunan itu faktor risiko yang kita tidak bisa kendalikan,” katanya.

Kendati demikian, Diani mengatakan benjolan juga bisa muncul setelah selesai memberikan ASI eksklusif. Menurutnya, hal itu bisa dikaitkan dengan ASI yang menggumpal atau potensi adanya suatu tumor.

Pemeriksaan apa untuk mengetahui kanker payudara?

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara, Cleveland Clinic


TERBARU