> >

RAN Rilis Album Baru Berjudul "Teater Nestapa" Pembuktian Usai 8 Tahun Absen

Musik | 17 Oktober 2024, 08:04 WIB
RAN (Sumber: Kompas.com / Cynthia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Grup musik RAN merilis album baru bertajuk "Teater Nestapa" yang berisi sebelas lagu. Delapan tahun tanpa album baru,  album ini akhirnya bisa diperdengarkan ke publik setelah proses pembuatannya selama kurang lebih tiga tahun.

“Album ini kita buat tiga tahun dan penuh keringat dan air mata ya,” ujar anggota RAN Rayi dalam jumpa pers di Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024) mengutip Kompas.com.

Kata Rayi, hal ini menjadi suatu pembuktian bahwa grup yang terdiri dari Rayi, Nino dan Asta ini tetap eksis meski usia mereka kini 18 tahun. Untungnya, Album "Teater Nestapa" akhirnya rampung dibuat di tengah kesibukan RAN manggung dari panggung ke panggung.

Baca Juga: Bernadya Tak Menyangka Jadi Nomine AMI Awards 2024 di 5 Kategori

“Ya Alhamdulilah kita lumayan banyak job ya, jadi butuh waktu buat ngumpulin semuanya. Ya kita enggak pengin jadi band yang nostalgia dan pengin membuktikan diri bahwa kita masih menelurkan karya-karya yang bagus bahkan Insya Allah bisa ngehits juga,” ujar Rayi.

Mengambil nama judul "Teater Nestapa", RAN punya alasan tersendiri.

Nino mengatakan, hal ini terinspirasi dari sebuah teater di mana lagu-lagu di dalam album ini adalah gambaran kisah pendengar itu sendiri. Sementara, untuk Nestapa, RAN sengaja memilih kata yang tidak umum dan tidak populer.

“Kenapa Nestapa? RAN dari dulu dikenal sebagai musisi yang positif, up beat, tapi usia kami jelang 40 tahun itu perlu embrace dan kasih tahu,” ujar Nino.

“Dalam hidup enggak happy-happy doang, sedih ada pasti tapi gimana cara respon sedih itu. kata nestapa walau terdengar menyedihkan, itu bentuk kebahagiaan yang ngumpet di balik kata negatif,” lanjut Nino.

Berbeda dari karya-karya RAN yang lain mengenai jatuh cinta, kini mereka ke luar dari zona nyaman menyajikan hal yang baru.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU