> >

4 Drakor Sageuk yang Didaptasi dari Kisah Nyata

Film | 6 Agustus 2024, 03:00 WIB
Rumor YoonA SNSD dan Lee Junho 2PM berpacaran dibantah langsung oleh agensi. (Sumber: Soompi)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Drama Korea (drakor) sageuk adalah salah satu genre serial yang banyak diminati para penggemar K-pop. Sageuk merujuk pada drama maupun film Korea berlatar sejarah.

Kisah yang diangkat dalam drama sageuk umumnya mengacu pada peristiwa sejarah, konflik kerajaan, politik, dan peperangan. Menariknya, ada beragam drakor sageuk yang diadaptasi dari kisah nyata.

Dikutip dari laman My Drama List, berikut drakor sageuk yang didaptasi dari kisah nyata.

Baca Juga: Sinopsis "The Frog", Drakor Thriller Dibintangi Go Min Si

1. The Red Sleeve

The Red Sleeve merupakan drakor yang dibintangi Junho 2PM pada 2021 lalu. Serial ini mengisahkan seorang putra mahkota bernama San yang menjadi penerus utama kerajaan. Oleh sebab itu, Yi San berusaha keras untuk menjadi raja yang sempurna.

Ia kemudian naik takhta menjadi Raja Jeongjo setelah kakeknya meninggal dunia. Sang kakek merupakan sosok kejam yang bertanggung jawab atas kematian ayah Yi San.

Yi San berusaha menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana. Ia juga mereformasi hukum ketika naik takhta.

Namun, kehati-hatiannya mulai sirna setelah bertemu perempuan ambisius bernama Sung Deok-im (Lee Se-young) di pengadilan. Yi San jatuh cinta kepada Deok-im.

Yi San ingin menjadikan Deok-im sebagai selirnya. Sayangnya, Deok-im yang berjiwa bebas menolak ajakan tersebut. 

Dia juga tahu bahwa kehidupan sebagai selir kerajaan umumnya tidak membawa kebahagiaan. Drakor The Red Sleeve diadaptasi dari kisah nyata Raja Jeongjo dan selirnya, Sung Ui Bin. 

Drama ini diangkat dari novel The Red Sleeve Cuff karya Kang Mi Kang.

2. Mr. Queen

Meski dibalut dengan kisah fiksi dan humor yang lucu, drama Korea Mr. Queen menjadi serial yang diadaptasi dari kisah nyata. Serial yang dirilis pada 2020 ini mengisahkan seorang koki bernama Jang Bong Hwan yang terperangkap ke tubuh Ratu Cheorin pada masa Dinasti Joseon.

Awalnya, Bong Hwan tidak percaya dengan apa yang terjadi padanya dan ia mencoba melarikan diri dari istana. Namun perlahan Bong Hwan menyadari bahwa dirinya terjebak di dalam tubuh seorang ratu hingga ia akhirnya belajar cara hidup sebagai seorang wanita di istana.

Di sisi lain, Raja Cheoljong sedang mencari seorang istri dan ia memilih Ratu Cheorin yang tubuhnya dihuni roh Bong Hwan. Drakor Mr. Queen merupakan hasil adaptasi kisah Raja Cheoljong, raja ke-25 dari Dinasti Joseon Korea.

Berbeda dengan cerita dalam drama Korea, kehidupan asli Cheoljong sangat tragis. Raja Cheoljong memimpin kerjaan saat berusia 19 tahun.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Gading-Persada

Sumber : My Drama List


TERBARU