> >

Ngerinya Penayangan Film Pocong Gundul: Ada Kursi Kosong di Bioskop, Kain Kafan, dan Kapur Barus

Film | 21 September 2023, 10:25 WIB
Dalam penayangan film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul, ada satu kursi yang dikosongkan dan disediakan kain kafan yang dimaksudkan untuk entitas Pocong Gundul. (Sumber: Instagram/@kisahtanahjawa_md)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul rilis hari ini, Kamis (21/9/2023). Film ini digarap oleh sutradara Awi Suryadi berdasarkan kisah nyata yang ditulis oleh Hari Kurniawan atau dikenal sebagai Om Hao.

Chief Marketing Officer MD Entertainment Group Astrid Suryatenggara mengatakan bahwa di setiap pihaknya melakukan penayangan perdana atau nonton bareng (screening), ada permintaan khusus dari entitas Pocong Gundul.

Hal ini disampaikan dalam pemutaran perdana film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul di Cinepolis Lippo Plaza Jogja, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga: Rilis Hari Ini! Ini Cerita di Balik Film Pocong Gundul, Ada Mantra Asli Berbahasa Jawa Kuno

Astrid menjelaskan bahwa sosok Pocong Gundul tersebut meminta disediakan tempat di dalam bioskop. Tepatnya di tempat duduk paling kiri atas.

“Setiap kali kita melakukan garap premier atau ada screening, entitas itu meminta kita menyediakan tempat duduk paling kiri atas dikosongkan, dan disediakan kain kafan dan kapur barus,” ujar Astrid.

Dalam penayangan tersebut, sejumlah studio dihiasi dengan berbagai pernak-pernik horor, termasuk sesajen dan pocong-pocongan yang diletakkan di pintu masuk bioskop.

Om Hao sebagai penulis kisah Pocong Gundul ini mengatakan bahwa sosok yang bernama Walisdi ini merupakan entitas yang sangat kooperatif. Pasalnya, entitas tersebut mau diajak bercerita dan digambar.

Dia bertemu dengan Pocong Gundul pada 2018 lalu, kemudian menulis kisahnya melalui wawancara dan retrokognisi.

Baca Juga: Sinopsis The Expendables 4, Iko Uwais Jadi Pedagang Senjata sekaligus Pemimpin Tentara Bayaran!

Sinopsis Pocong Gundul

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU