> >

Vina Muliana, Kreator TikTok yang Jadi Malaikat bagi Para Jobseeker

Lifestyle | 7 Januari 2022, 13:00 WIB
Vina Muliana. (Sumber: Dok. TikTok)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengguna TikTok mungkin tak asing dengan nama Vina Muliana, terutama bagi mereka yang kerap mencari konten tentang pekerjaan di platform video pendek ini.

Vina Muliana merupakan seorang pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Mining Industry Indonesia (MIND ID) yang merangkap sebagai kreator di TikTok.

Perempuan 27 tahun mengawali perjalanannya di TikTok dari keprihatinannya melihat banyak orang kesulitan mencari pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.

Perjalanan panjang di TikTok pun mengantarkan Vina menjadi pemenang di challenge TikTok #TauGaSih.

Baca Juga: Makmur! 4 Zodiak Ini Bakal Dapatkan Rezeki Melimpah di Tahun 2022, Apa Saja?

Awal mula

Februari 2021, pandemi Covid-19 masih terus menelan korban. Kala itu, banyak perusahaan yang memang mengakhiri hubungan kerja dengan pegawainya. Akibatnya banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

Di masa yang serba susah ini, Vina Muliana menemukan pengguna TikTok yang melampiaskan kesedihannya gegara dipecat dari pekerjaannya. Hal inilah yang mendorong Vina untuk membuat video tentang karier.

“Dari situ akhirnya aku buat konten video tentang karier. Video pertama aku juga simpel banget,” katanya dalam kesempatan wawancara, Senin (27/12/2021).

Seminggu kemudian, dia mulai membuat konten karier yang berfokus bicara soal BUMN, termasuk tips dan cara masuknya. Tak disangka, videonya viral dan banyak digemari penonton.

Dia bahkan berhasil menggaet 100 ribu followers di bulan pertama. Kemudian, menginjak tiga bulan, akunnya sudah memiliki satu juta followers. Kini, belum genap satu tahun, Vina berhasil mengumpulkan 3,6 juta pengikut.

Hal ini karena memang belum banyak kreator TikTok yang menyuguhkan konten soal BUMN. Padahal, peminat kerja di BUMN juga tidak sedikit.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU