> >

Menteri Hwang Hee Siap Berikan Rekomendasi Penundaan Wajib Militer untuk BTS

Selebriti | 25 Juni 2021, 19:03 WIB
Boy group BTS dalam foto teaser untuk singel Butter yang akan dirilis pada 21 Mei 2021. (Sumber: Big Hit Music)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, Hwang Hee menyatakan siap untuk memberikan surat rekomendasinya untuk para anggota BTS, jika ingin menunda wajib militer mereka.

Pada 23 Juni, amandemen baru mengenai penangguhan militer telah berlaku di Korea Selatan.

Undang-undang, yang disahkan tahun lalu menyatakan, musisi pop yang telah menerima penghargaan budaya dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata dapat mengajukan penundaan wajib militer mereka hingga usia 30 tahun.

"Meskipun BTS belum mengajukan permohonan untuk rekomendasi penundaan, saya pasti akan menulis rekomendasi untuk mereka,” kata Hwang.

Baca Juga: Cuma BTS yang Penuhi Syarat, 26 Agensi Musik Korea Protes UU Tunda Wamil Tak Adil

Namun, beberapa komunitas budaya menunjukkan bahwa BTS adalah satu-satunya yang dapat mengambil manfaat dari undang-undang yang direvisi, sehingga perlu memperluas cakupan penerapannya. 

Menanggapi tudingan tersebut, Hwang mengatakan akan mempertimbangkan keadilannya.

"Kami akan mempertimbangkan keadilan, kesetaraan, dan pendapat dari Kementerian Pertahanan Nasional," ujar Hwang.

Ada syarat-syarat tertentu untuk mendapatkan surat rekomendasi tersebut, salah satunya adalah harus menerima Sertifikat Merit Nasional untuk bisa dipertimbangkan penundaan pendaftaraan wajib militernya.

Grup yang masuk nominasi Grammy ini dianugerahi Order of Cultural Merit oleh Presiden Moon Jae In sebagai pengecualian atas kesuksesan internasional mereka yang luar biasa pada tahun 2018.

Penulis : Dian Septina Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU