> >

Tak Cuma Valentine, Orang Korea Selatan Juga Rayakan Hari-hari Berikut Tiap Tanggal 14 Per Bulannya

Lifestyle | 14 Februari 2021, 13:42 WIB
Ilustrasi pasangan di Hari Valentine. (Sumber: Pexels/Jasmine Carter)

SOLO, KOMPAS.TV - Merayakan hari Valentine bagi sebagian orang jadi salah satu momen yang paling dinantikan. Biasanya mereka yang sudah berpasangan akan menghabiskan waktu bersama sambil bertukar bunga atau cokelat di tanggal 14 Februari.

Sedikit berbeda, orang Korea Selatan punya budaya merayakan hari kasih sayang ini. Mereka memperingati tanggal 14 yang jatuh setiap bulannya dengan cara perayaan yang berbeda.

Baca Juga: Sejarah Hari Valentine, Hari Kasih Sayang yang Diperingati Tiap 14 Februari

Berikut rangkuman perayaan dan tanggal 14 di Korea Selatan:

1. 14 Januari - Diary Day

Di hari ini, para sahabat akan bertukar diary (buku harian) yang berisikan pengalaman masing-masing dan rencana yang akan diwujudkan. Hal ini dilakukan untuk mengenang momen kebersamaan dan saling menerima satu sama lain.

2. 14 Februari - Valentine Day

Hari Valentine juga dirayakan oleh orang-orang di Korea Selatan. Yang berbeda adalah perempuan akan memberikan kado, bunga, atau cokelat buatan sendiri kepada laki-laki yang disayanginya.

3. 14 Maret - White Day

White Day bisa dikatakan sebagai peringatan Valentine kedua di Korea Selatan. Di hari ini, giliran laki-laki untuk membalas pemberian perempuan di hari Valentine. Mereka biasanya akan memberikan bunga, boneka, maupun aksesoris kepada perempuan.

Baca Juga: Google Ikut Rayakan Hari Valentine Lewat Doodle Spesial

4. 14 April - Black Day

Perayaan Black Day diperingati oleh mereka yang single, atau tidak mendapatkan pemberian saat Valentine maupun White Day. Orang-orang yang tidak memiliki pasangan akan pergi untuk makan jajangmyeon (mie khas Korea Selatan dengan saus berwarna hitam) sambil berpakaian serba hitam.

5. 14 Mei - Rose and Yellow Day

Para pasangan di hari ini akan memakai baju berwarna kuning dan saling bertukar bunga mawar. Tetapi untuk mereka yang single, biasanya akan menghabiskan waktu bersama teman dan makan kari.

Penulis : Gempita-Surya

Sumber : Kompas TV


TERBARU