> >

Jerawat hingga Iritasi Kulit, Inilah Dampak Pakai Masker Organik Ilegal Tanpa Izin BPOM

Lifestyle | 1 Februari 2021, 08:23 WIB
Ilustrasi jerawat (Sumber: Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Penggerebekan rumah produksi yang membuat masker organik ilegal di kawasan Jati Asih, Bekasi, Kamis (28/1/2021) menjadi perhatian publik.

Pasalnya, masker tersebut dibuat tanpa keahlian khusus dan tidak mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bahkan, masker organik tersebut sudah beredar luas di masyarakat melalui media online dan e-commerce, dengan merek dagang Yoleskin Acone, NHM, dan Youra.

Lantas, apa yang akan terjadi jika seseorang menggunakan masker organik ilegal tersebut?

Dokter spesialis kulit cum dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataran, dr Dedianto Hidajat mengatakan bahwa penggunaan masker organik ilegal memiliki sejumlah efek samping.

“Efek samping masker organik ilegal ada beberapa, yaitu iritasi, alergi, infeksi, dan jerawat,” ujarnya, melansir dari Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 4 Merek Masker Organik Ilegal dan Belum Ada Izin BPOM

Dedi mengimbau kepada masyarakat yang sering menggunakan masker organik sebagai perawatan kulit agar berhati-hati dan tidak tergiut dengan label ‘alami’ yang ditawarkan oleh produk tersebut.

Apalagi jika masker tersebut diproduksi dalam jumlah banyak dan belum mengantongi izin dari BPOM sehingga dipastikan tidak memenuhi standar kesehatan.

“Apalagi kalau pemprosesannya ilegal jelas-jelas tidak memenuhi standar kesehatan,” imbuhnya.

Penulis : Fiqih-Rahmawati

Sumber : Kompas TV


TERBARU