> >

Prabowo Mau Bangun 3 Juta Rumah per Tahun, REI: Kami Dukung Program Mulia Ini

Properti | 11 Oktober 2024, 16:39 WIB
Ketua Umum DPP REI Joko Suranto (kanan) dan Ketua Satuan Tugas Perumahan presiden terpilih Prabowo Subianto yakni Hashim S. Djojohadikusumo dalam acara dialog di Jakarta, Kamis (10/10/2024). (Sumber: Antara/REI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Joko Suranto menyambut rencana program pembangunan tiga juta rumah per tahun pada pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang. 

Rencana itu sebelumnya diungkapkan oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Perumahan Presiden terpilih Prabowo Subianto, yakni Hashim S Djojohadikusumo. 

Joko menilai, program tiga juta rumah adalah loncatan tinggi untuk memenuhi backlog perumahan. Menurutnya, tidak akan ada hasil yang berbeda jika cara mengatasinya masih tetap sama.

“Oleh karena, program pengentasan angka kemiskinan termasuk lewat penyediaan hunian secara masif sebanyak tiga juta unit bagi masyarakat di pedesaan dan perkotaan menjadi sejalan (inline) dengan usaha mengentaskan backlog. Kami dari REI commit (berkomitmen) mendukung program yang sangat mulia ini,” kata Joko dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (11/10/2024). 

Baca Juga: Pengajuan KPR Kini Bisa Diajukan Lewat "Livin" by Mandiri, Prosesnya Lebih Cepat

Ia menilai, tidak banyak perubahan yang terjadi selama 10 tahun terakhir dalam mengurangi kurangnya pasokan perumahan, hingga mencapai 12,7 juta unit. 

Padahal, sektor properti menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 15 persen, menyumbang anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar 9 persen, pendapatan asli daerah (PAD) antara 35-55 persen dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 14-17 juta orang.

Sektor ini, lanjut Joko, juga berperan dalam menurunkan angka kemiskinan sebesar 8 persen.

Properti juga punya efek domino kepada 185 industri lainnya di sektor riil. Sifatnya yang padat karya juga mampu menyerap banyak tenaga kerja yaitu hampir 13 juta-19 juta orang. 

Baca Juga: Faktor Penyebab Rumah Subsidi Jokowi di Cikarang Nyaris Tak Dihuni Warga, Banyak Kerusakan hingga...

Penulis : Dina Karina Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Antara


TERBARU