> >

Daftar 14 Perjalanan Whoosh yang Dibatalkan Akibat Gempa di Bandung

Ekonomi dan bisnis | 18 September 2024, 14:06 WIB
Sejumlah perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Whoosh, dibatalkan akibat gempa bumi yang terjadi pada pukul 09.41 WIB, dengan titik lokasi gempa di Kabupaten Bandung yang berdekatan dengan lokasi jalur kereta cepat Whoosh. (Sumber: KCIC)

BANDUNG, KOMPAS.TV- Sejumlah perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Whoosh, dibatalkan akibat gempa bumi yang terjadi pada pukul 09.41 WIB, dengan titik lokasi gempa di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang berdekatan dengan lokasi jalur kereta cepat tersebut.

Operator kereta cepat yakni PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan sejumlah perjalanan tersebut. 

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pembatalan dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan seluruh perjalanan kereta cepat Whoosh. 

Sesuai SOP Keselamatan dan Keamanan Tim Kerja KCIC langsung melakukan pemeriksaan menggunakan Rail Car atau kereta perawatan.

Baca Juga: Akibat Gempa, Penumpang Kereta Cepat Gagal Berangkat ke Bandung

"Kereta Whoosh memiliki konstruksi yang tahan dengan kekuatan gempa hingga 8 skala richter, adapun pemeriksaan menyeluruh membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang dapat mengganggu Jalur KCJB," kata Eva dalam siaran persnya yang diterima Kompas.tv, Rabu (18/9/2024). 

"Seperti longsoran bukit batu dikanan kiri trase, longsoran tanah atau dampak alam lainnya," tambahnya. 

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk semua jalur sepanjang 144 Km dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan.

Adapun jalur kereta Whoosh yang diperiksa pasca gempa Bandung

- Struktur jembatan dengan total panjang 82 km, 

- 13 terowongan dengan total panjang 17 km

- Jalur KA diatas tanah sepanjang 42 km

Baca Juga: Sejumlah Bangunan Rusak akibat Gempa Bandung Hari Ini, BPBD Terjunkan Personel

Sementara ini, lanjutnya, berdasarkan pantauan awal di OCC ( Operation Controll Center) Tegalluar atas semua sensor yang terpasang dan visualisasi dari pantauan 1.399 CCTV yang tersebar di semua jalur, tidak terlihat kerusakan di Prasarana KCJB

Daftar jadwal perjalanan Whoosh yang dibatalkan karena gempa Bandung:

*Rute Halim - Tegalluar*

1. KA G1223 keberangkatan 09.47

2. KA G1225 keberangkatan 10.20

Penulis : Dina Karina Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU