> >

Siap-siap, Berikut Syarat dan Cara Daftar CPNS yang Dibuka Maret 2024

Loker | 18 Februari 2024, 13:20 WIB
Ilustrasi ujian CPNS-PPPK 2023. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah secara resmi mengumumkan bahwa sebanyak 2,3 juta posisi akan dibuka dalam Rekrutmen Seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan difokuskan pada formasi guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Selain itu, penataan tenaga non-ASN juga dilakukan dengan merekrut 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik dan mengoptimalkan sumber daya manusia di sektor pemerintahan.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan, rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 akan dilakukan tiga kali.

“Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode,” kata Haryomo dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, Rabu, 17 Januari 2024 di Gedung DPR Jakarta, bersama perwakilan Kementerian PANRB.

Pengumuman dan seleksi administrasi Seleksi CPNS dan Seleksi Kedinasan pada periode I akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024.

Pada Periode II akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024.

Sedangkan pada Periode III akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Agustus 2024.

Baca Juga: Siap Tampung Caleg Stres di Pemilu 2024, RSJ Prof Dr Ildrem Sumut Tambah 100 Tempat Tidur

Penulis : Kiki Luqman Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU