> >

Menko Airlangga Ungkap Dua Sektor yang Dorong Perekonomian Tumbuh 3,69 Persen pada 2021

Ekonomi dan bisnis | 7 Februari 2022, 18:21 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau operasi pasar di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor pada 29 Januari 2021. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut ada dua sektor yang mendorong perekonomian Indonesia bisa tumbuh sebesar 3,69 persen pada 2021. Dua sektor itu adalah industri dan perdagangan.

"Pertumbuhan ekonomi di kuartal IV sebesar 5,02 persen dan secara YOY 3,7 persen didorong oleh pulihnya sektor industri dan perdagangan dengan pertumbuhan di atas pertumbuhan nasional yakni 4,92 persen dan 5,56 persen," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Senin (7/2/2022). 

Baca Juga: BPS: Ekonomi Indonesia 2021 Tumbuh 3,69 Persen

Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, kontribusi sektor industri sendiri sebesar 18,8 persen merupakan yang terbesar terhadap struktur Produk Domestik Bruto (PDB) dan berkontribusi 1,01 persen terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Dari segi ekspor tumbuh 29,83 persen YOY dan impor juga tumbuh 29,6 persen."

"Kebijakan stimulus fiskal terhadap sektor otomotif dan properti terbukti mendorong multiplier effect dari segi produksi dan dari sisi konsumsi," ujarnya.

Selain itu, adanya pelaksanaan vaksinasi yang masif pun mampu membuat kepercayaan diri masyarakat meningkat untuk beraktivitas dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Menambah kepercayaan masyarakat untuk beraktivitas dengan menekankan kedisiplinan prokes," ujarnya.

Baca Juga: Kenali Tahapan KDRT: Mulai dari Verbal, Kekerasan Ekonomi, hingga Fisik

Ia memastikan, pemerintah akan menjaga momentum pencapaian positif ini agar pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2022 semakin baik. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU