> >

Serikat Karyawan Minta Dukungan Erick Thohir Selamatkan Garuda Indonesia dari Dua Masalah

Bumn | 10 Agustus 2021, 12:54 WIB
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: instagram @garuda.indonesia)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Serikat Karyawan Garuda Indonesia Bersatu meminta dukungan kepada Menteri BUMN Erick Thohir agar menyelamatkan maskapai Garuda Indonesia dari kesulitan keuangan.

"Saat ini ada dua permasalahan utama Garuda Indonesia yang harus menjadi perhatian para pengambil keputusan. Pertama permasalahan keuangan, terutama utang yang cukup besar ditambah lagi dengan menurunnya kinerja operasional akibat dari dampak Covid-19," kata Koordinator Sekber Garuda Indonesia Bersatu, Tomy Tampatty dalam keterangan tertulis, Selasa (10/8/2021).

"Kedua adalah permasalahan fundamental bisnis yang perlu ditata kembali dan dikelola secara optimal guna mengoptimalisasi pendapatan," tambahnya.

Lebih lanjut, kata Tomy, terkait dua permasalahan itu sangat dibutuhkan orang yang mengerti di bidang bisnis penerbangan.

Baca Juga: Soal Biaya Perjalanan Dinas Ditanggung Penyelenggara, KPK Tegaskan Substansi Aturan Tidak Berubah

Pasalnya, hingga kini manajemen melakukan kesalahan asumsi bahwa masalah yang terjadi di Garuda Indonesia hanya berkaitan dengan masalah keuangan hingga restrukturisasi utang sebagai pilar utamanya.

Tomy menilai, manajemen saat ini tidak fokus terhadap masalah fundamental bisnis untuk menciptakan laba.

Beberapa yang berkaitan dengan itu, antara lain ketepatan memilih alat produksi, ketepatan memilih rute terbang dan ketepatan people process technology yang dijalankan sehingga bisnis menjadi untung.

Oleh karena itu, menurutnya, Garuda Indonesia ke depan perlu mengembangkan ekosistem aviasi dan pariwisata sebagai strategi bertahan.

Dalam hal ini, pihaknya perlu menjalin sinergi dengan BUMN/BUMD, Swasta, UMKM, dan pemerintah agar Garuda Indonesia tetap bisa tumbuh.

"Ke depan kita juga perlu mengembangkan ecosystem aviasi dan pariwisata ini dalam suatu strategi bertahan dan tumbuh melalui kolaborasi dan sinergi yang kuat antar BUMN/BUMD, swasta, UMKM dan pemerintah serta semua pemangku kepentingan," jelasnya.

Tomy berharap, Menteri BUMN Erick Thohir turun tangan menyelamatkan flag carrier Garuda Indonesia khususnya dalam restrukturisasi utang.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU