> >

Ubhara Jaya Luluskan 555 Wisudawan sebagai Komitmen Lahirkan Profesional Berwawasan Kebangsaan

Advertorial | 25 Mei 2022, 14:38 WIB

 

Prosesi wisuda bagi program sarjana dan pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) tahun akademik 2021/2022. (Sumber: Dok. Ubhara Jaya)

BEKASI, KOMPAS.TV – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) kembali menggelar acara wisuda program sarjana dan pascasarjana tahun akademik 2021/2022.

Sebanyak 555 wisudawan mengikuti prosesi wisuda yang digelar secara hybrid atau gabungan metode offline dan online, pada Selasa pagi (24/05/2022), di Auditorium Ubhara Jaya, Graha Tanoto.

Wisuda kali ini mengangkat tema, “Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Menghasilkan Lulusan Profesional Yang Berwawasan Kebangsaan Serta Berbasis Sekuriti Menuju Indonesia Maju.”

Rangkaian prosesi wisuda diawali sambutan Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono SH, MM.

“Untuk periode kali ini dengan bangga Ubhara Jaya mewisuda 555 wisudawan yang terdiri dari 538 lulusan program sarjana dan 17 lulusan program pasca sarjana,” ucap rektor Ubhara Jaya mengawali sambutannya.

Dalam upaya membangun sumber daya manusia unggul menuju Indonesia Maju, rektor menegaskan komitmen Ubhara Jaya dalam menghasilkan lulusan profesional yang tertuang dalam visi universitas.

 “Visi kami adalah terwujudnya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sebagai universitas unggulan di tingkat nasional dan internasional yang berwawasan kebangsaan dan berbasis sekuriti guna menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dan berperilaku baik,” ucap rektor.

Dalam mewujudkan komitmen menghasilkan lulusan profesional, berbagai proses pendidikan yang dijalankan di Ubhara Jaya saat ini, antara lain:

1. Pendidikan Human Security sebagai mata kuliah wajib;

2. Pendidikan Character Building sebagai mata kuliah wajib;

3. Metode Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mahasiswa bisa memilih perkuliahan dilaksanakan 3 semester di luar kampus luar program studi, 2 semester di luar kampus luar program studi, dan 1 semester di luar program studi dalam kampus;

4. Berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka seperti kegiatan Permata Sakti, Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Antar Pulau, Kuliah Kerja Nyata, Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia, Magang Industri, Riset Independen, dan Kampus Mengajar;

5. Mata Kuliah Kelas Bahasa Inggris pada Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik yang bekerjasama dengan University of Mindanao, Filipina;

6. Webinar Internasional yang mendatangkan pembicara internasional;

7. Dukungan kepada peningkatan kemampuan dosen baik dalam hal pengajaran khususnya Bahasa Inggris juga dalam kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi;

8. Jurnal untuk publikasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa yang terdiri dari Jurnal Peringkat Sinta 3, 4, dan 5;

9. Adanya Pusat Studi dan Lembaga untuk mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat seperti LPPMP, Pusat Kajian Ilmu Kepolisian dan Anti Korupsi serta Pusat Kajian Keamanan Nasional;

10. Riset dan pengabdian masyarakat yang menjadi kekuatan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sehingga dapat membantu menghasilkan Research Based Policy atau Kebijakan Berbasis Riset;

11. Kerjasama dengan mitra dunia industri-dunia usaha untuk pengembangan keterampilan ekonomi dan bisnis mahasiswa.

Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwadani, MP turut menghadiri acara wisuda dan mengutip lima pesan Presiden Joko Widodo untuk generasi muda lulusan perguruan tinggi. 

Penulis : Adv-Team

Sumber : Kompas TV


TERBARU