Kompas TV advertorial
advertorial

Indonesia Drum & Perkusi Festival (IDPFest) 2024 Berlangsung Sukses dan Meriah!

Kompas.tv - 27 September 2024, 15:01 WIB
indonesia-drum-perkusi-festival-idpfest-2024-berlangsung-sukses-dan-meriah
Festival Drum dan Perkusi Indonesia atau lebih dikenal sebagai IDPFEST adalah wadah musik tempat berkumpulnya para musisi, seniman, budayawan, komunitas, sanggar, sekolah, pekerja maupun pelaku industri seni dan ekonomi kreatif seluruh tanah air. (Sumber: Dok. IDPFest)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Festival Drum dan Perkusi Indonesia atau lebih dikenal sebagai IDPFEST adalah wadah musik tempat berkumpulnya para musisi, seniman, budayawan, komunitas, sanggar, sekolah, pekerja maupun pelaku industri seni dan ekonomi kreatif seluruh tanah air.

Fokus utamanya adalah aneka musik yang alat musik tabuh hingga perkusi seperti drum, kendang, dol, gordang, tifa, gamelan, garantung, kolintang, dan talempong.

Seiring berjalannya waktu, hingga akhir Juli 2024 IDPFest sudah memiliki 35 perwakilan daerah di seluruh Indonesia.

Berawal dari Perkumpulan Drummer pertama di Indonesia bernama ENDRASS INDONESIA (Energetic Drummers Association) pada 1983, lahirlah sebuah konsep merawat karya otentik ke-Indonesia-an.

Beberapa tahun kemudian, disertai riset panjang, tertuang sesuai visi misi kegiatan tahunan IDPFest yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dan mewujudkan salah satu prestasi dalam mengekspresikan, mengkreasikan, mengolaborasikan seni budaya musik Indonesia.

IDPFest juga lahir dari upaya mengembangkan potensi generasi milenial dan Z penerus musik dengan mengedepankan 'Identitas Budaya Perkusi' sebagai simbol pelestarian dari aset yang dimiliki bangsa.

Visi IDPFest adalah "Mengapresiasi kesenian kebudayaan melalui seni musik, drum, dan perkusi Indonesia guna membangun generasi penerus dengan semangat kebersamaan dan persatuan mewujudkan kharisma seni budaya Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Salah satu dari tujuh misi IDPFest adalah memberi bantuan, menyelenggarakan dan memberikan fasilitas pelatihan, pendidikan serta pengetahuan dan kegiatan di bidang kesenian kebudayaan, yang berhubungan dengan seni musik, drum, dan perkusi Indonesia.

Sudah menjadi agenda setiap tahunnya, IDPFest bersama Lembaga Penyelenggara Negara beserta elemen-elemennya dan para pendukung setia menggelar kegiatan tahunan sesuai visi misi tersebut.

Memasuki tahun ke-8, IDPFest 2024 diselenggarakan pada 20, 21, 22 September 2024 bertempat di Taman Ismail Marzuki Jakarta, mengedepankan seni musik perkusi Indonesia maupun mancanegara.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x