Kompas TV advertorial
advertorial

BNPT Laksanakan Serangkaian Operasi Pengamanan Demi Kelancaran Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut

Kompas.tv - 11 September 2024, 11:30 WIB
bnpt-laksanakan-serangkaian-operasi-pengamanan-demi-kelancaran-pembukaan-pon-xxi-aceh-sumut
Dalam rangka pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 BNPT telah melaksanakan serangkaian tahapan operasi pengamanan.  (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

ACEH, KOMPAS.TV – Dalam rangka pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah melaksanakan serangkaian tahapan operasi pengamanan. 

Acara olahraga nasional yang diselenggarakan secara simultan di Aceh dan Sumatra Utara ini telah berjalan dengan aman dan lancar.

Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Roedy Widodo mengatakan, TNI dan BNPT telah melaksanakan serangkaian tahapan operasi pengamanan mulai dari  tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan hingga tahap pengakhiran.

Baca Juga: Bakohumas BNPT Ajak Humas Pemerintah Lindungi Perempuan, Anak, dan Remaja dari Radikalisme

"Kami laksanakan (seluruh rangkaian pengamanan) di home base ataupun di posko utama," imbuh Mayjen Roedy dalam sebuah wawancara singkat usai Pembukaan PON XXI di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada Selasa (10/9). 

Mayjen Roedy menambahkan, operasi pengamanan yang dilaksanakan merupakan kolaborasi BNPT dengan TNI, Polri dan kementerian serta embaga terkait selaras dengan amanat keputusan Presiden Republik Indonesia.

"Pelaksanaannya juga kita bekerja sama dengan TNI, Polri dan K/L terkait. Kolaborasi ini kita lakukan sesuai dengan Keppres Nomor 24 Tahun 2024 tentang perintah dari Presiden agar BNPT melaksanakan pengawalan terhadap penyelenggaraan PON ini," jelasnya. 

Acara pembukaan olahraga nasional yang diselenggarakan secara simultan di Aceh dan Sumatra Utara ini telah berjalan dengan aman dan lancar. (Sumber: Dok. BNPT)

Lebih lanjut, mantan Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Humas BNPT juga menjelaskan satuan tugas (satgas) BNPT yang berperan dalam mendukung pengamanan ajang multi olahraga nasional ini.

"Kita ada satgas intelijen, satgas kontra propaganda, binmas, deradikaliasi luar lapas, deradikalisasi dalam lapas, kemudian satgas pengamanan lingkungan terkait dengan asesmen lingkungan dan juga asesmen terhadap objek vital strategis," jelasnya.

"Terakhir, ada satgas pengawasan yang melakukan asesmen terhadap pegawai dengan tugas resiko tinggi," paparnya. 

Baca Juga: Peringati Hari Korban Terorisme Internasional 2024, BNPT RI: Suara Korban, Bangun Perdamaian

Adapun Pembukaan PON XXI resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Kepala BNPT Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si. 

Upacara pembukaan ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya, PON digelar di dua provinsi sekaligus, Aceh dan Sumatra Utara, serta bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x