Kompas TV advertorial
advertorial

RAN PE Awards 2024, Apresiasi Dari BNPT Kepada Pemangku Kepentingan Dalam Implementasi RAN PE

Kompas.tv - 19 Agustus 2024, 20:00 WIB
ran-pe-awards-2024-apresiasi-dari-bnpt-kepada-pemangku-kepentingan-dalam-implementasi-ran-pe
BNPT memberikan penghargaan kepada pemangku kepentingan pusat dan daerah yang berhasil mengimplementasikan Perpres RAN PE 2020–2024. (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan penghargaan kepada para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah yang telah berhasil mengimplementasikan Peraturan Presiden (Perpres) Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) untuk periode 2020–2024.

Penghargaan yang dikenal sebagai RAN Awards 2024 ini diberikan pada 19 Agustus 2024 sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan kontribusi mereka dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional melalui pencegahan ekstremisme dan terorisme.

Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas komitmen dan kontribusi berbagai pihak dalam penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

Baca Juga: BNPT RI Perkuat Ketahanan WNI di Oslo Melalui Diseminasi Anti-Terorisme

Melalui upaya bersama ini, diharapkan stabilitas dan keamanan nasional dapat terus terjaga, serta upaya pencegahan terhadap ancaman terorisme dapat lebih efektif dilakukan di seluruh wilayah tanah air.

Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin menjelaskan, pelaksanaan RAN PE periode pertama ini telah membuahkan hasil yang baik diantaranya penurunan serangan aksi teror dan membaiknya indeks Indonesia dalam Global Terrorism Index.

Capaian ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik dan memberikan harapan yang besar bagi Indonesia khususnya dalam hal penanggulangan ekstremisme di tanah air.

“Ini adalah bukti nyata kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam melawan ekstremisme dan memberikan harapan besar dalam penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di indonesia,” kata Wapres dalam acara RAN PE Awards 2024.

Dalam RAN PE AWARDS 2024 ini terdapat 6 (enam) kategori penerima penghargaan. (Sumber: Dok. BNPT)

Sejak diluncurkan oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin pada Juni 2021, implementasi Perpres RAN PE baik di tingkat pusat maupun daerah telah mencatat berbagai capaian.  

Kepala BNPT Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., turut mengapresiasi pelaksanaan RAN PE periode pertama ini berserta capaian-capaiannya dalam mewujudkan Indonesia yang aman dan damai.

“Empat tahun capaian RAN PE memiliki arti yang sangat penting dalam mewujudkan Indonesia yang aman, memperkuat toleransi dan membangun ketahanan warga, terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi positif dan komitmen dalam pelaksanaan RAN PE 2020-2024,” kata Rycko.

Dalam RAN PE AWARDS 2024 ini terdapat 6 (enam) kategori penerima penghargaan.

Penerima penghargaan Kategori Inisiator dan Berkomitmen dalam Pelaksanaan RAN PE adalah Kementerian Dalam Negeri, Kemenko Polhukam, Kementerian Luar Negeri, Provinsi Lampung, Provinsi Banten, Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Lampung Tengah.

Selanjutnya, penerima Kategori Program Inovatif dan Berkelanjutan yaitu Kemendikbud Ristek, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Provinsi Sulawesi Tengah, Wahid Foundation, Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, Yayasan Empatiku, dan SETARA Institute.

Kategori ketiga yakni Kategori Inspiratif dan Berdampak Nyata dianugerahkan kepada Kementerian Agama, Kota Surakarta, Peace Generation, Yayasan Prasasti Perdamaian (YPP), dan Puat Kajian Radikalisme dan Deradikalisasi (PAKAR).

Baca Juga: Kepala BNPT RI: Mitra Deradikalisasi Diharapkan Mampu Kelola Lahan dengan Kreatif

Penghargaan Kategori Komitmen Gender Perspektif dalam RAN PE diberikan kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Working Group on Women on Preventing and Countering Violent Extremism (WGWC), Society Against Radicalism and Violent Extremism Indonesia (SERVE).

Penghargaan Kategori Inisiator Kolaborasi Multipihak jatuh kepada Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID).

Sementara itu penghargaan Mitra Pembangunan diberikan kepada USAID Harmoni, UN Women, Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ2), UNODC, UNDP, dan Uni Eropa.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x