Kompas TV advertorial
advertorial

Pemkot Ambon Raih Penghargaan Universal Health Coverage 2024 dari BPJS Kesehatan

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 16:00 WIB
pemkot-ambon-raih-penghargaan-universal-health-coverage-2024-dari-bpjs-kesehatan
Kota Ambon menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai pemerintah daerah dengan kategori Pratama dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC). (Sumber: Dok. Pemkot Ambon)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – BPJS Kesehatan menganugerahkan penghargaan kepada Kota Ambon sebagai pemerintah daerah dengan kategori Pratama dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC).

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin secara langsung menyerahkan penghargaan kepada Pj. Wali Kota, Dominggus N. Kaya dalam Peringatan Satu Dekade Program JKN-KIS yang digelar di Krakatau Ballroom,TMII, Jakarta, Kamis (8/8/24).

Wapres RI menegaskan, kebijakan pemerintah melalui BPJS yakni agar masyarakat bisa mendapatkan akses kesehatan secara baik, tanpa ada hambatan finansial, tepat waktu, dan tepat sasaran.

Kaya saat ditemui usai kegiatan mengakui, penghargaan ini diberikan karena kota Ambon telah berhasil mencapai 98 persen kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Kita sama dengan target nasional untuk mencapai 98 persen penduduk kota Ambon sebagai peserta BPJS kesehatan dan kita sementara terus bekerja sehingga mungkin lebih naik lagi sehingga seluruh masyarakat di Kota Ambon bisa mendapat akses BPJS,” ungkapnya.

Menurut Kaya, Pemkot Ambon terus berupaya agar semua warga kota mendapatkan akses pelayanan kesehatan melalui BPJS melalui bantuan tanggungan iuran yang dibiayai APBD, juga pemadanan data NIK guna kepesertaan BPJS.

“Masalah yang ditemui ada data penduduk yang tidak sama atau tidak sinkron. Misalnya data dijumpai di warga Ambon ternyata dia dobel dengan orang di Sulawesi, juga ada keluarga yang belum menikah sehingga mereka tidak memiliki kartu keluarga, jadi tidak dapat mengurus kepesertaan BPJS,”bebernya.

Kaya berharap dengan penghargaan ini maka akan memotivasi OPD terkait untuk terus bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sehingga semua warga kota dapat menikmati jaminan layanan kesehatan secara baik.

Sebagai informasi, turut mendampingi Pj.Wali Kota dalam menerima penghargaan yakni Asisten III Sekkot, Robby Sapulette, Kepala Dinas Kesehatan, drg. Wendy Pelupessy, serta Kepala Dinas Sosial, Sirjhon Slarmanat. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x