Kompas TV advertorial
advertorial

AdaKami Berkomitmen Edukasi Mahasiswa Menjadi Bijak Finansial

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 17:45 WIB
adakami-berkomitmen-edukasi-mahasiswa-menjadi-bijak-finansial
Ilustrasi. AdaKami bertujuan memberikan edukasi dan pemahaman mendalam tentang pengelolaan keuangan yang sehat dan bertanggung jawab, terutama bagi mahasiswa.  (Sumber: Media KompasTV)
Penulis : Adv Team

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagai upaya meningkatkan kesadaran finansial di kalangan mahasiswa, PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) menggandeng Universitas Esa Unggul dengan bangga mempersembahkan program "Generasi Bijak Finansial Bersama AdaKami".

Program kini bertujuan memberikan edukasi dan pemahaman mendalam tentang pengelolaan keuangan yang sehat dan bertanggung jawab, terutama bagi mahasiswa.

Brand Manager PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) Jonathan Kriss menyebutkan program “Generasi Bijak Finansial Bersama AdaKami” merupakan bagian dari edukasi rutin berkesinambungan yang diadakan sebagai wujud komitmen dan kontribusi perusahaan.

Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan literasi keuangan digital, kesadaran akan pengelolaan keuangan yang sehat serta bertanggung jawab, dan hal relevan lainnya bagi masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

Jonathan menjelaskan, salah satu tujuan utama AdaKami adalah memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang bagaimana membuat anggaran, mengelola pengeluaran, dan memanfaatkan fasilitas keuangan yang ada dengan sehat dan bertanggung jawab.

"Dengan demikian, mereka dapat mengelola keuangan dengan lebih bijak dan menghindari jebakan gaya hidup konsumtif yang berpotensi merugikan,” kata Jonathan, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: AdaKami Serius Ingatkan soal Keputusan Finansial yang Bijak

Pada kesempatan yang sama, Certified Financial Planner Rista Zwestika, yang turut menjadi narasumber dalam acara ini, memaparkan empat langkah utama yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa dalam membuat perencanaan keuangan yang sehat dan bertanggung jawab.

Pertama, mengecek cashflow untuk memahami arus keluar-masuk uang; kedua, mengecek aset bersih untuk mengetahui kondisi keuangan secara keseluruhan; ketiga, meningkatkan value diri untuk menambah pendapatan dan aset; dan keempat, membuat tujuan keuangan yang jelas serta strategi investasi yang tepat.

“Dengan mengikuti langkah-langkah ini, mahasiswa dapat mulai membangun pondasi keuangan yang kuat dan mengambil keputusan finansial yang lebih bijak. Penting bagi generasi muda untuk memahami bahwa perencanaan keuangan yang baik adalah kunci untuk mencapai stabilitas dan kesuksesan finansial di masa depan,” katanya.

Anjuran Rista agar mahasiswa bisa membuat perencanaan keuangan yang sehat dan bertanggung jawab bukan tanpa sebab. Pasalnya, Generasi milenial dan Gen Z saat ini menghadapi berbagai kondisi dan tantangan finansial.

Salah satunya adalah kondisi di mana banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan akibat pengelolaan keuangan yang buruk meskipun masih mendapatkan sokongan dari orang tua untuk memenuhi biaya hidup.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x