Kompas TV advertorial
advertorial

BNPT Ungkap Keberhasilan Penanggulangan Terorisme Selama 2023 di Depan Komisi III

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 15:45 WIB
bnpt-ungkap-keberhasilan-penanggulangan-terorisme-selama-2023-di-depan-komisi-iii
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menghadiri Rapat Kerja Komisi III DPR RI di Gedung DPR RI Jakarta pada Kamis (27/6). (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menghadiri Rapat Kerja Komisi III DPR RI di Gedung DPR RI Jakarta pada Kamis (27/6). Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPT Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., memaparkan capaian penanggulangan terorisme di hadapan anggota Komisi III DPR RI.

Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) menjadi salah satu capaian yang dianggap berhasil mewujudkan beragam praktik, baik mulai dari lingkup nasional hingga daerah.

Rycko menjelaskan, RAN PE dilaksanakan secara kolaboratif dan telah mewujudkan beragam praktik baik, mulai dari lingkup nasional dimana komitmen pemerintah meningkat dalam upaya pencegahan ekstremisme kekerasan.

Baca Juga: Kepala BNPT Perkenalkan Program Deradikalisasi Saat Terima Kunjungan Delegasi Jepang

“Keberhasilan ini dibuktikan dengan adanya inisiatif para kementerian/lembaga menyusun RAN-nya masing-masing. Sementara, di tingkat daerah terdapat 9 Provinsi dan 8 Kabupaten/kota yang telah memiliki Rencana Aksi Daerah tentang pencegahan dan penanggulangan ekstremisme kekerasan yang mengarah pada terorisme (RAD PE)," terang Rycko.

Beragam praktik baik tersebut terbukti menuai hasil yang baik dengan tidak adanya serangan teroris secara terbuka yang terjadi di indonesia sepanjang 2023 hingga Juni 2024.

Kepala BNPT Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., memaparkan capaian penanggulangan terorisme di hadapan anggota Komisi III DPR RI. (Sumber: Dok. BNPT)

"Sepanjang tahun 2023 dan sampai dengan Juni 2024, tidak terjadi serangan teroris (zero terrorist attack) di Indonesia," tambahnya.

Selain RAN PE, Rycko turut memaparkan keberhasilan kegiatan Sinergisitas yang telah mensinergikan 46 Kementerian/Lembaga untuk aktif dalam program penanggulangan terorisme. Menurutnya, Sinergisitas berhasil memberikan manfaat bagi mitra deradikalisasi melalui bantuan fisik dan nonfisik.

"Sinergisitas telah berhasil memberikan manfaat bagi mitra deradikalisasi di wilayah sasaran melalui bantuan fisik dan nonfisik yang dikoordinir oleh BNPT," tambahnya.

Baca Juga: BNPT Lakukan Audit Sistem Pengamanan Mall GI Demi Tingkatkan Pemahaman Pengelola Fasilitas Publik

Dalam rapat kerja ini Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Dr. Habiburokhman, S.H., M.H., mengapresiasi BNPT atas segala capaian yang diraih, terutama dalam World Water Forum (WWF) ke-10 yang berjalan aman.

"Terima kasih kepada BNPT atas kinerjanya untuk mengamankan negara hingga zero attack terrorist, terutama dalam pengamanan WWF. Semoga jadi amal ibadah Bapak / Ibu sekalian," ucapnya.

Dalam kesimpulan Raker hari ini, Komisi III DPR RI juga mendukung perubahan Susunan Organisasi Tata kerja (SOTK) BNPT sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 agar tugas-tugas penanggulangan terorisme dapat lebih optimal baik di dalam negeri mapun di luar negeri.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x