Kompas TV nasional berita kompas tv

Hadapi Virus Corona, Kemenag Siap Back Up RS Darurat yang Tangani Covid-19

Kompas.tv - 29 Maret 2020, 17:50 WIB
hadapi-virus-corona-kemenag-siap-back-up-rs-darurat-yang-tangani-covid-19
Menteri Agama Fachrul Razi (kedua dari kiri) serahkan uang Rp 3 miliar dan gedung untuk isolasi penanganan pasien Covid-19 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020) . (Sumber: Kemenag)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menanggapi dari berbagai pertanyaan media tentang penggunaan gedung asrama haji pondok gede sebagai rumah sakit  (RS) darurat untuk menanggulangi wabah virus corona atau Covid-19.

“Kemenag (Kementerian Agama) siap back up kebutuhan RS darurat dalam menghadapi wabah virus corona dengan menyediakan asrama haji sebagai alternatif pilihan. Kebutuhan daerah dan teknisnya tetap dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemda setempat,” ujar Wamenag Zainut Tauhid, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/3/2020).

Baca Juga: Tak Hanya Hotel, Gedung Asrama Haji Ini Jadi Ruang Isolasi Corona

Untuk penggunaannya menyesuaikan dengan skala prioritas yang dibutuhkan. 

Salah satu gedung asrama haji yang sudah berjalan adalah RS Haji Pondok Gede di Jakarta Timur.

“Di sana (gedung asrama haji POndok Gede, Jakarta Timur) melayani banyak pasien Covid-19,” tutur Zainut Tauhid.

“Kami meminjamkan gedung utama asrama haji Pondok Gede sebagai fasilitas perawatan pasien dalam pemantauan (PDP),” sambungnya.

Untuk sementara ini, lanjut Zainut Tauhid, fasilitas yang digunakan sebanyak 70 kamar guna keperluan mengkarantina orang yang berstatus PDP.

“Mereka ini dirawat sambil menunggu kepastian akan hasil tes Covid-19. Ketika sudah dinyatakan positif akan dikirim ke rumah sakit rujukan,” katanya.

“Kami juga terus melakukan koordinasi dengan seluruh Kanwil untuk mendapat masukan dari mereka tentang kawasan yang sangat membutuhkan bantuan penanganan wabah COVID-19 ini,” imbuh Zainut Tauhid.

Sejauh ini, jumlah asrama haji yang dimiliki Kemenag ada 16 dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih dari itu, Zainut Tauhid melanjutkan, Kementerian Agama juga menindaklanjuti amanat Presiden RI  agar setiap kementerian dan lembaga melakukan revisi anggarannya untuk dialokasikan dalam penanggulangan pandemi virus corona.  

“Lebih dari Rp 300 miliar anggaran telah direlokasi untuk membantu penanganan wabah virus corona. Anggaran itu dihimpun dari sejumlah pos perjalanan dinas di luar dan dalam negeri, serta kegiatan regular,” kata Zinut Tauhid menegaskan.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Agama Fachrul Razi menyerahkan salah satu gedung Asrama Haji Pondok Gede kepada Rumah Sakit (RS) Haji Jakarta untuk dijadikan ruang isolasi pasien Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Baca Juga: Kepada RS Haji Jakarta, Menag Fachrul Razi Serahkan Gedung untuk Isolasi Pasien Covid-19

Serah terima gedung berlangsung di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. Minggu (22/3/2020).

Salah satu gedung asrama haji yang akan dijadikan ruang isolasi penanganan Covid 19 itu diserahkan Menag kepada Direktur Utama RS Haji Jakarta, dokter Syarief Hasan Lutfie.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu dalam penanggulangan Covid 19 dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Manfaatkanlah bantuan ini sebaik-baiknya, khususnya di bidang kesehatan," ujar Fachrul Razi, waktu itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.