Kompas TV nasional peristiwa

Insiden 42 Tahun Lalu, Ketika Tampomas II Tenggelam, Menginspirasi Iwan Fals Membuat Lagu

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 11:11 WIB
insiden-42-tahun-lalu-ketika-tampomas-ii-tenggelam-menginspirasi-iwan-fals-membuat-lagu
Ilustrasi kapal tenggelam. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS.TV – Pada tanggal 27 Januari tahun 1981 atau 42 tahun lalu terjadi peristiwa memilukan di Indonesia, terutama dalam dunia transportasi laut, yaitu tenggelamnya kapal Tampomas II.

Kapal yang mengangkut ribuan penumpang itu tenggelam di perairan Masalembo, Laut Jawa pada hari Selasa siang waktu Indonesia Bagian Tengah.  Namun sebelum tenggelam, kapal dilaporkan sempat terbakar dan membuat penumpang panik.

Tak ayal, ribuan penumpang turut menjadi korban. Beberapa di antaranya berhasil selamat sementara sisanya meninggal dunia. Bahkan, ratusan penumpang tak diketahui nasibnya.

Menyadur dari Kompas.com, pada 1980-an, Tampomas dikelola yang oleh PT Pelni menjadi salah satu kapal laut yang melayani penumpang antarpulau. Sebelumnya, kapal ini digunakan untuk melayani perjalanan haji.

Percikan Api Jadi Penyebab 

Dilaporkan, peristiwa diawali dari percikan api di kabin kendaraan. Tanpa kendali, api itu kemudian menjalar ke seluruh bagian kapal.

Peristiwa ini diperparah oleh rendahnya kesadaran dan disiplin penumpang serta awak kapal mengenai keselamatan pelayaran.

Sebab sebelum terbakar, beberapa penumpang dengan enteng merokok di tempat tertentu, seperti kabin kendaraan, selama pelayaran. Padahal, merokok di sana sangat berbahaya.

Dan yang tak kalah memilukan dari penyebabnya, juga disebabkan oleh ketidaktahuan awak kapal dalam memahami prosedure penggunaan semua peralatan pertolongan.

Ternyata, para awak kapal tidak mengerti prosedur penggunaan pelampung untuk penumpang awam. Selain itu, radio portabel yang seharusnya ada di dalam sekoci juga tidak tersedia di tempatnya.

Atas keteledoran tersebut, sejumlah awak kapal mendapat sanksi administratif oleh Mahkamah Pelayaran.

Baca Juga: 8 Jenazah Pekerja Migran Indonesia Korban Kapal Tenggelam di Perairan Johor Dipulangkan

Kronologi kejadian

Saat itu, Kapal Tampomas II berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Telukbayur, Ujung Pandang (kini Makassar), Sabtu (24/1/1981) sekitar pukul 19.00 WIB. Kapal dinahkodai oleh Abdul Rivai (44).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.