Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Makanan yang Baik bagi Penderita Gigi Sensitif

Kompas.tv - 20 September 2021, 13:18 WIB
makanan-yang-baik-bagi-penderita-gigi-sensitif
Ilustrasi sakit gigi akibat makan daging (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gigi sensitif dapat sangat mengganggu ketika mengonsumsi makanan tertentu. Kondisi ini dapat menyebabkan gigi terasa nyeri dan linu.

Gigi sensitif biasanya terasa setelah menyantap makanan atau minuman panas atau dingin. Selain mengganggu aktivitas, gigi sensitif juga dapat menyebabkan penyakit seperti infeksi gusi.

Sensasi linu disebabkan oleh menipisnya enamel pada gigi. Sejumlah faktor seperti retakan pada gigi, plak, serta lubang pada gigi pun dapat memperparah rasa nyeri atau linu.

Baca Juga: 9 Bahan Alami Pemutih Gigi yang Tersedia di Rumah

Kondisi tersebut dapat menyebabkan orang enggan menyantap makanan. Namun, bagi penderita gigi sensitif, terdapat beberapa bahan makanan yang ternyata dapat meredakan linu dan bantu mengatasi gigi sensitif.

Berikut sejumlah bahan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi penderita gigi sensitif sebagaimana disarikan Arlington Dental Center.

1. Produk olahan susu

Susu beserta produk olahannya seperti yogurt dan keju baik untuk gigi. Makanan yang berasal dari susu mengandung banyak kalsium yang penting untuk menguatkan gigi.

Produk olahan susu juga disebut bisa mengurangi kadar keasaman di mulut.

2. Apel

Apel kaya akan serat dan air yang bantu membersihkan gigi Anda. Namun, Anda sebaiknya menghindari apel dan produk buah-buahan yang dikeringkan karena tidak cukup berair dan cenderung memuat kadar gula yang banyak.

3. Jahe

Mengonsumsi jahe dapat membantu Anda mencegah perkembangan bakteri di mulut dan menyegarkan napas Anda.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti bayam, kale, serta brokoli baik bagi kesehatan gigi karena kaya dengan kalsium serta asam folat. Dua elemen ini bantu menjaga gigi tetap sehat.

5. Air bersih

Air dapat menghilangkan bakteri dari permukaan gigi Anda. Air yang mengandung fluorida juga penting bagi yang kuat dan bantu meminimalisasi risiko timbulnya karang gigi serta gigi berlubang.

Baca Juga: Penyebab, Efek Samping dan Cara Tepat Mengatasi Gigi Berlubang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x